Rabu, 08 Agustus 2012

Wishful Wednesday #14 : 08 Agustus 2012

Sudah hari Rabu, pertengahan minggu dari minggu ini. Dan ini artinya waktunya buat berharap satu buku bisa dicoret dari daftar Wishlist. 


Peraturannya adalah :
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  3. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
  4. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
Beberapa minggu kemarin ini, Wishful Wednesday saya dpengaruhi oleh film-film yang saya tonton dari koleksi film yang tersimpan di laptop saya. Minggu ini kejadian yang sama pun berulang kembali...

Dan... pilihan saya minggu ini jatuh pada....


Detil Buku :
  • Judul : On-Call : A Doctor's Day and Nights In Residecy
  • Penulis : Emily R. Transue
  • Penerbit : St. Matrin Press, 2004


On Call begins with a newly-minted doctor checking in for her first day of residency--wearing the long white coat of an MD and being called "Doctor" for the first time. Having studied at Yale and Dartmouth, Dr. Emily Transue arrives in Seattle to start her internship in Internal Medicine just after graduating from medical school. This series of loosely interconnected scenes from the author's medical training concludes her residency three years later.

During her first week as a student on the medical wards, Dr. Transue watched someone come into the emergency room in cardiac arrest and die. Nothing like this had ever happened to her before-it was a long way from books and labs. So she began to record her experiences as she gained confidence putting her book knowledge to work.

The stories focus on the patients Dr. Transue encountered in the hospital, ER and clinic; some are funny and others tragic. They range in scope from brief interactions in the clinic to prolonged relationships during hospitalization. There is a man newly diagnosed with lung cancer who is lyrical about his life on a sunny island far away, and a woman, just released from a breathing machine after nearly dying, who sits up and demands a cup of coffee.

Though the book has a great deal of medical content, the focus is more on the stories of the patients' lives and illnesses and the relationships that developed between the patients and the author, and the way both parties grew in the course of these experiences.

Along the way, the book describes the life of a resident physician and reflects on the way the medical system treats both its patients and doctors. On Call provides a window into the experience of patients at critical junctures in life and into the author's own experience as a new member of the medical profession.


Pernah menonton atau minimal mendengar judul serial lawas "Emergency Room"??? Itu loh... cerita jaman dulu banget tentang kehidupan dokter dan para perawat di ruang Unit Gawat Darurat (UGD) di salah satu rumah sakit di Amerika, yang saking sibuknya sampai nggak punya waktu buat makan, istirahat, tidur atau... pacaran. Masih belum inget??? Yang para pemain di awal serialnya itu ada Anthony Edwards, George Clooney, Sherry Stringfield, dan si mahasiswa kedokteran culun Noah Wyle aka. John Carter. Masih belum ada bayangan??? Nih... saya kasih foto mereka...

Pic taken from here

Pasti semua udah pada ingat... Nah... sejak nonton serial itu, saya jadi teringat dengan satu buku yang beberapa tahun yang lalu pernah dibawa-bawa oleh salah satu dokter spesialis Anestesi sewaktu saya dalam pendidikan. Buku yang dibawa si spesialis adalah buku yang saya jadikan Wishful Wednesday kali ini. Si spesialis selalu membaca buku ini setiap dia mengawasi keadaan pasien yang mengalami pembiusan. Saya ingat, saya waktu itu hanya mencuri-curi pandang pada buku ini sambil mencatat di notes kecil yang selalu ada di saku saya, judul buku ini. Rasa segan yang saya miliki terlalu besar untuk membuat saya sekedar bertanya kepada sang spesialis tentang buku ini. Judul buku ini pun hilang dalam ingatan saya sejak saya tak lagi bertemu dengan dokter itu dan muncul kembali beberapa malam lalu karena serial lawas itu.

Ya... namanya saja kenangan. Yang tidak nyambung pun selalu bisa terangkai menjadi satu dalam ingatan manusia termasuk saya. Serial lawas ER, cerita tak penting jaman kuliah, ketiadaan hiburan di rumah, dan Wishful Wednesday merangkai semua itu menjadi satu dalam sebuah buku impian saya minggu ini.

So... apa buku impianmu kali ini???


3 komentar:

  1. Aaaahh.. aku sering nonton dulu.. Mc Dreamy XD

    BalasHapus
  2. sama sekali ngga tahu tentang buku ini.
    Semoga cepet dapat bukunya Put.
    Eh aku ada buku HQ tentang dokter. Udah baca?
    Eh kamu baca HQ nggak sih? :D

    BalasHapus
  3. Hah? Emang McDreamy di ER? bukannya Grey's?

    *kok jadi komenin si Vina sih? ;D*

    Anyway...jadi ini kisah nyata ya?
    Uhm...aku suka males baca kisah nyata dokter2 di negara lain. Ujung2nya bikin galau dan iri X)

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...