Senin, 11 November 2013

Bookish Top Ten : Top 10 Best Book Covers



Meski bukan penganut garis keras buku-buku bersampul cantik alias menggumpulkan buku-buku dalam beberapa judul yang sama hanya karena covernya berbeda dan tampak cantik, gak bisa dikhianati kalau saya masih termasuk golongan pembaca yang memilih buku karena covernya.

Masalahnya kalau ditanya apa buku dengan cover terbaik pilihan saya, jujur saya bingung untuk memutuskannya. Dan bisa jadi kalau saat ini saya menyukai cover buku ini, bisa jadi kapan waktu saya mengganggap cover buku tersebut menjadi biasa saja.

Dan inilah dia secara acak 10 buku dengan cover terbaik versi saya (saat ini) ;p
1. Almost - Anne Eliot
Iseng-iseng nge-kepo-in facebook sang penulisnya saya mendapatkan kabar jika buku ini dalam proses terjemahan ke bahasa Turki. Dan cover yang ini adalah cover versi bahasa Turki tersebut.

Saya suka permainan dua warnanya. Merah tua dan pink lembutnya kontras banget.  Kalau mau berandai-andai, sisi yang merah menceritakan  tentang sisi masa lalu yang suram, dan sisi yang pink bertutur tentang  masa kini yang  penuh dengan kegembiraan dan cinta. Urusan ceritanya, well.... buku dengan genre YA ini adalah salahsatu buku yang paling saya favoritkan dari segi cerita meski cover aslinya bisa dibilang biasa banget. 

2. Anak-anak Angin - Bayu Adi Persada
Berdasarkan cerita dibeberapa lembar terakhir, cover buku ini diambil dari foto asli si penulis. Iya, cowok berkacamata dengan dasi merahnya itulah si penulisnya. 

Yang saya sukai dari cover ini adalah ekspresi semua orang yang ada dalam cover tersebut. Entah itu anak-anak murid SD ataupun si pak guru. Kegembiraan murni. Bukan sekedar  pasang aksi lalu tebar senyum. Dan... saya bertanya-tanya sendiri sih, kira-kira perlu berapa bangku atau meja yang dibutuhkan anak yang paling atas untuk mendapatkan posisinya tersebut?



3. Keep Holding On - Susane Colasanti
Covernya mengembalikan saya pada cerita jaman seragam putih abu-abu dulu. Iya saya memang udah tua kok. Kesannya manis. Baik dari permainan warnanya yang soft maupun pose kedua remajanya.

Berandai-andai lagi nih ceritanya cover itu seperti bercerita tentang backstreet di jam sekolah, di area sekolah tentunya. Atau... ketika seluruh siswa sudah menuju ke kelas masing-masing si cowok masih berusaha mencuri waktu lebih lama lagi buat berduaan dengan ceweknya karena pertemuan mereka berikutnya masih berlangsung berjam-jam lagi *oke, abaikan kalimat sebelum ini*

4. Dash & Lily's Book Of Dares - Rachel Cohn & David Levithan
Yang jelas bukan karena salju yang berteberan di cover ini yang membuat saya suka. Tapi pada penempatan judul dan gambar hatinya. Yup...  judul bukunya diletakkan di papan penunjuk jalan sementara nama kedua penulis disematkan di papan penunjuk arah dan.... gambar petunjuk lalu lintas boleh/tidak menyembrang diganti dengan gambar hati yang tidak terlalu kentara.

Pertanyaannya sekarang, dimanakah kota asli tempat cover itu diambil? Dan, apakah nama jalan yang digantikan oleh judul buku ini? #serasakuis


5. Gelang Giok Naga - Leny Helena
Simpel banget yah cover buku ini. Cuma menampilkan gambar tangan. Tapi yang ditonjolkan di cover ini tentunya gambang gelang jyang berbentuk naga dan terbuat dari giok berwarna kuning (ada yah giok warna kuning? kupikir cuma warna hijau muda aja). Dan gambar tatto naga sebagai "penerus" dari gelang giok tersebut. 

Gelang gioknya keren, membuat saya jadi pengen punya. Dan tattonya juga keren. Font pada nama penulisnya dibuat seperti tulisan Cina, semakin menjelaskan isi buku ini ada kaitannya tentang negeri Tirai Bambu itu.



6. Flipped - Wendelin Van Draanen
Beberapa cover yang diambil dari film gak bisa dipungkiri membuat bukunya jadi lebih keren. Atau setidaknya jadi lebih familiar di mata pembaca.

Gitu juga sih dengan buku ini. Warna eye catching banget kan yah? Saya suka perpaduan warna hijau muda dengan baju merah tua dan rambut coklat muda -nya Julie. Saya gak bisa bisa komentar lebih banyak dengan mengatakan di adegan mana cover buku ini diambil karena sebenarnya saya juga belum pernah menonton filmnya *nangis dipojokan* Tapi banyak yang bilang sih, mereka tertarik membaca buku ini setelah menonton filmnya.


7. Heaven (Halo #3) - Alexandra Adornetto
Covernya keren yak? Coba liat deh siluet cewek cowoknya. Si cewek dengan sayapnya yang mengembang (itu cewek peri atau malaikat sih?)  terbang ke pelukannya si cowok. Dengan latar matahari yang bakal terbenam *Putri sok tau* membuat kedua cewek cowok tersebut terlihat menjadi sebuah siluet. 

Dan... perhatiiiin lagi posisi tangan dan wajah keduanya. Membentuk gambar love. Keren banget yak. Seandainya cover tersebut bukan editan, berapa kalikah pengulangan adegan supaya mendapatkan siluet "love" yang sempurna? #lahmalahngasihsoal

8. The Truth About Forever - Sarah Dessen
Simpel yak covernya? Baik dari segi gambar maupun dari segi warnanya. Saking minimnya warna tanktop cewek dalam cover pun dipilih warna putih. Dan.. kuteksnya juga putih (atau bening yak?)

Ngeliat cover dan judulnya yang terlintas dibenak saya adalah si cewek lagi galau. Memutuskan antara putus atau enggak dengan pacarnya. Jadi daripada dia bingung sendiri lebih baik dia memilih berdasarkan jumlah kelopak bunga. *putus* *enggak* *putus* enggak* *putus* Iya, ini sok tahu, orang saya belum baca bukunya kok *ditendang sampai balik ke Halmahera*


9. Bliss (The Bliss Bakery #1) - Kathryn Littlewood
Berkebalikan dari cover diatas, yang ini penuh warna dan bikin laper. Covernya tampil seperti keadaan di depan toko. Dominasi warna biru tuanya bisa sedikit meredam kehebohan warna yang lain. Membuat cover buku ini jadi nyaman dimata. Gak banyak komentar deh buat buku ini. Soalnya saya laper liatnya.







Dan.... cover terakhir adalah....

10. Unmaking Hunter Kennedy - Anne Eliot
Cuma ada ssatu alasan saya memilih cover buku ini. Kontroversi yang ditimbulkannya.

Orang yang melihat buku ini pasti ada berpikiran yang macam-macam tentang isinya. Padahal... inilah salah satu dari sedikit YA yang less contact antar tokohnya. YA yang isi bukunya tidak dipenuhi adengan kissing melulu, pegang sana-sini melulu.




Oke... itu dia sepuluh buku dengn cover terbaik pilihan saya (saat ini). Mau ikutan bermain dengan meme ini? Yuk main dulu ke blognya Mbak Yuska Lust and Coffee dan lihat cover-cover pilihan teman-teman yang lain.




@ Medan
11112013



3 komentar:

  1. sukaa ama cover 1, 3, 6 and 8 :D cakeps2 euyy ^o^

    BalasHapus
  2. Kok nomor 3-nya ada 2, put?
    Iyaaa....aku kelupaan masukkin Bliss. Kok bisa ya? *malah ngasi soal*

    Btw itu cover buku Dash & Lily itu diambil di jalan dekat rumahku. Swear....#ditendangkeTual #maudong

    BalasHapus
  3. @ Indah: Iya samaaaa... aku juga suka...

    @ Dewi: udah di-edit wi. Thanks udah dikasih tau. Itu rumahmu yang dimana? Di Tual? #ditendangbalikkeHalmahera

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...