Rabu, 20 Agustus 2014

Wonder by R.J. Palacio

Dear August Pullman...

Boleh aku memanggilmu "Auggie" seperti orang-orang lain memanggilmu dengan nama tersebut? 

Maaf perkenalan kita baru berlangsung sekarang. Meski aku sudah tahu tentang dirimu sejak tahun 2013 yang lalu, entah mengapa aku tak pernah tergerak untuk lebih dalam lagi mengenalmu. Baru ketika Baca Bareng BBI 2014 dengan tema "Sicklit" aku ingin mengenalmu lebih jauh lagi. Yah... walau akhirnya aku tidak ikutan posting barengnya sih ._.


Image source here
Dear Auggie..

Satu kalimat yang tepat buatmu. KAMU KEREN BANGET!!!! Kau tidak pernah menjadikan kelainan Mandibulofacial Dystosis yang kau alami sebagai penghalang buatmu menghadapi dunia. Meski kau tahu dengan tampilan wajahmu yang sungguh tak biasa itu menjadikan orang selalu merasa ketakutan, berbisik-bisik, bahkan menganggapmu sebagai sesuatu yang menular seperti yang kau alami di sekolah umummu di Beecher Peep. 

Dirimu juga SEORANG PEJUANG! Di usiamu yang baru menginjak delapan tahun kau sudah harus melalui serangkaian operasi, sebagian untuk memudahkan proses makan minummu dan sebagian sisanya untuk memudahkan proses bernafasmu. Lagi pula seperti kata para perawat sewaktu kau dilahirkan "Semua orang yang terlahir dari Tuhan bisa menghadapi dunia (p. 9)" Dan kau membuktikannya. Ya.. Tuhan mempersiapkanmu bukan sebagai manusia biasa tapi sebagai seorang pejuang. 

Dear Auggie...

Apa kau tahu kalau seorang pejuang punya orang-orang yang selalu mendukungnya? Seperti dirimu yang memiliki Mom dan Dad yang sangat menyayangimu. Mom yang ketika pertama kali melihat wajah kecilmu yang berantakan, ia justru memandang matamu yang indah. Mereka orang tua yang hebat. Tidak menyembunyikan kehadiran dirimu dan justru merasa bangga akan kehadiranmu. 

Ada juga Via, kakakmu yang juga luar biasa. Dia paham kalau perhatian Mom dan Dad begitu tercurah kepadamu. Meski, sebagai remaja normal ia merasakan sedikit sentakan rasa egois karena menuntut ingin diperhatikan juga oleh Mom dan Dad, Itu wajar saja. Toh, Via juga manusia yang punya hati. Seperti Mom dan Dad, Via juga bangga denganmu. Baginya kau adalah adik terhebatnya.

Image source here
Di sekolah ada Summer dan Jack Will, para sahabat sejatimu. Jack itu juga keren. Ia sangat tulus berteman denganmu, walau ia sempat sedikit termakan isu yang dihembuskan Julian, tapi begitu iya menyadari kesalahannya, ia berubah menjadi sahabat sejati yang pantas dimiliki setiap orang di dunia ini. Yah... walaupun perbuatannya menonjok Julian itu salah, tapi secara pribadi aku sangat senang melakukannya. Julian memang pantas mendapatkannya.

Hei Auggie, apa kau tahu kalau Jack menanggapmu itu lucu, asyik dan pintar. Menurut Jack, kau bisa menemukan lelucon dari setiap apa yang dikatakan guru dan membuatnya tertawa terpingkal-pingkal. Jack memang termasuk sedikit orang yang menyadari dibalik ketidaksempurnaan wajahmu terdapat pribadi yang lucu, cerdas, dan pemberani. Tuhan memang tak pernah setengah-setengah menciptakan makhluknya. 

Miranda dan Julian juga keren. Yah... pada awalnya sih aku menganggap Miranda itu orang yang egois dan malu berteman denganmu. Ternyata dia begitu menyayangimu, bahkan dia rela berpura-pura sakit agar peran utama drama sekolah bisa diambil alih oleh Via begitu dia melihatmu, Mom dan Dad datang ke acara drama sekolah. Terkadang perubahan lingkungan bergaul menyebabkan seseorang berubah tanpa ia sadari. Seprti yang dialami Miranda ketika mengikuti kemah musim panas. Oh.. Jack juga mengalaminya. Mungkin sekali-sekali kau bisa bertanya padanya tentang hal itu.

Dear Auggie...

Seorang pejuang adalah orang yang akan menerima penghargaan tertinggi untuk suatu hal yang diperjuangkannya. Dalam kasusmu, menjalani hidup adalah sebuah perjuangan berat, apalagi untuk seorang anak kelas lima. Berbagai kejadian telah kau lewati, dan kau begitu tegar menjalaninya. Wajar saja jika Mr. Thusman memilihmu sebagai penerima medali Henry Ward Beecher, penghargaan tertinggi di sekolah Beecher Peep. Karena kau orang hebat, orang yang kekuatannya mengangkat banyak hati berkat pesona hatinya sendiri.

Auggie, sosokmu memang sangat lovable. Little dude with big heart. Banyak orang yang sangat menyukai kisahmu. Bahkan ada cerita tentang seorang guru dengan Michelle, muridnya yang sangat menyukaimu. Michelle memiliki kesamaan dengan dirimu. Dan lewat ceritamu, Michelle, kedua orangtua dan kakaknya merasakan bagaimana yang mereka rasakan selama ini tertuang lengkap dalam ceritamu. Baca saja cerita mereka disini

Jen, Michelle & R.J. Pallacio. Image source from Nerdy Book Club's blog
Dear Auggie...

Sepertinya surat ini sudah terlalu panjang. Mungkin ada baiknya jika kuselesaikan disini saja. Oh... ada satu hal lagi. Aku sangat menyukai pedoman yang kau kirimkan kepada Mr. Browne lewat selembar kartu pos. Oh.. sebelum aku melupakannya, beberapa hari yang lalu aku bertemu dengan Julian, katanya dia akan bercerita kepadaku mengapa ia begitu membencimu. Aku pasti akan mengabarimu jika sudah mendapaatkan cerita lengkap darinya.

"Seharusnya semua orang di dunia ini mendapatkan sorak sorai penghormatan setidaknya satu kali dalam hidupnya, karena kita semua berhasil menghadapi dunia." (August 'Augie' Pullman - p. 426)

Judul : Wonder
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : R.J. Palacio
Penerbit : Penerbit Atria
Tahun Terbit : September 2012 (pertama kali terbit pada Februari 2012)
Tebal : 430 halaman
ISBN : 978-979-024-508-2
Genre : Young Adult

Format : paperback
Status : punya sendiri
Periode Baca : 14/07/2014 - 15/07/2014
Rate : 4 cupcakes



@ Medan
14/08/2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...