Minggu, 30 September 2012

Gone With The Wind Read Along

-->

Siapa yang tidak pernah mendengar judul “Gone With The Wind” baik itu dalam bentuk buku atau pun film. Cukup lama saya penasaran pada cerita yang masuk dalam daftar 1001 Must Read Before You Die itu. Apalagi saat melihat covernya, yah tampilannya cukup membuat bertanya-tanya akan isi di dalamnya. Karena covernya saya berpikiran jika Gone With The Wind ini termasuk dalam kategori romance.
Makanya ketika mbak Fanda bersama Bzee mengadakan event read along Gone With The Wind saya langsung niat ikut. Baru niat sih. Tidak langsung mendaftar. Seperti biasa, kendala saya terletak pada cara saya mendapatkan buku ini. Gone With The Wind termasuk cetakan lama saya ragu jika bookstore online tempat saya biasa membeli buku. Mungkin memang rejeki saya, sewaktu saya berada di Ternate, toko buku terbesar dan satu-satunya disana punya stok buku ini yang dijual dengan diskon 30%. Yah… meskipun sudah mendapat diskon tapi tetap juga harganya mahal :'( Tapi demi buku yang katanya minimal harus pernah dibaca sekali seumur hidup ini, ikhlas deh ^_~

Jadi bagaimana cara main di Gone With The Wind Read Along ini? Nih… saya kasih sedikit penjelasannya.
Read along ini berlagsung sejak 01 September hingga 7 November 2012. Kenapa nanggung harus 7 November? Karena itu adalah sehari sebelum sang pengarang Margaret Mitchell’s berulang tahun. Ide Read Along ini kalau nggak salah sih ya karena mbak Fanda agak sedikit ngeri melihat ketebalan buku Gone With The Wind yang katanya bisa dijadikan bantal ini. Kalau kata saya sih, ni buku cocok dijadikan bantal. Tinggal tambahkan sarungnya dan voila…. jadi deh bantal pengganti #salahfokus. Jadi untuk menjaga spirit dalam membaca buku dengan tebal lebih dari seribu halaman itu maka mbak Fanda mencari teman untuk sama-sama membaca dan mendiskusikan buku ini. Dan muncullah Gone With The Wind Read Along.
Mengacu pada Gone With The Wind yang terbit pada Juni 2008, maka buku ini terbagi dalam 5 bagian. Setelah membaca setiap bagian, peserta read along ini akan mereview isi cerita bab tersebut dan mendiskusikannya.  Berhubung para peserta read along ini punya kesibukan yang berbeda-beda maka mekanisme membaca, waktu membaca dan waktu untuk mereview serta memposting per bagiannya diserahkan kembali ke masing-masing peserta. Yang penting, pada saat 7 November itu empat bagian yang ada sudah terposting lengkap dan bagian terakhir akan menjadi review keseluruhan sekaligus penutup dari kegiatan read along ini.
Berhubung buku saya terbitnya pada Juni 2009 maka perbagian buku ini yaitu :
Bagian I : halaman 9 – 158
Bagian II : halaman 161 – 322
Bagian III : halaman 325 – 565
Bagian IV : halaman 569 – 922
Bagian V : halaman 925 – 1124
Seperti yang sudah saya bilang, event ini berlangsung sejak 1 September 2012. Tapi saya baru memulainya jauh setelah tanggal tersebut. Karena pada saat event ini dimulai Gone With The Wind berada jauh dari saya. Dan lagi-lagi koneksi internet menghalangi saya untuk memposting kata pembuka #tttsssaaahhh untuk Gone With The Wind Read Along dari saya. Hingga saat ini saya pun belum menemukan waktu dan cara yang tepat untuk membaca buku ini sambil membaca buku yang lain >_<
Baiklah… lupakan hal itu… mari sekarang fokus pada kisah cinta yang tak terlupakan sepanjang masa antara Scarlett O’Hara dan Rhett Butler.
Oh ya… tunggu update review bagian I dari saya beberapa hari lagi…

PS : setiap membaca atau mendengar kalimat Gone With The Wind ini otak saya langsung mengasosiasikanya pada karya pengarang lokal yang berjudul Badai Pasti Berlalu. Apakah karena ada unsur cuaca pada masing-masing judulnya? Ah entahlah. Yang pasti misteri ini harus bisa terpecahkan sebelum posting penutup read along ini. *panggil Detektif Conan*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...