Selasa, 30 Oktober 2012

Me and BBI


pic from here

"Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali"

Meskipun banyak yang berkata jika blog sudah tidak trend lagi, tapi bagi saya sepenggal kalimat diatas tetap dapat diterapkan untuk dunia blog. Saya termasuk golongan orang-orang yang telat untuk ngeblog. Sebagaimana blog lainnya, blog yang saya buat pun berisi cerita tentang kehidupan pribadi saya. Saat menyadari hobi kronis saya yaitu membaca, maka saya pun mencoba membuat blog baru selain yang telah saya miliki. http://www.putriutama.wordpress.com adalah blog buku saya. 


Selain membuat blog, saya juga bergabung dengan goodreads.com yang merupakan situs berkumpulnya para pencinta buku. Ya... semacam facebook-nya para kutu buku. Di situs tersebut siapapun bebas merating dan mengkomentari suatu buku ataupun menambah buku-buku yang ingin dibaca (dan pastinya ingin dimiliki) dalam daftar wishlist. Seru pastinya, Dari ribuan (bahkan mungkin jutaan) grup yang ada di goodreads saya memilih bergabung dengan Goodreads Indonesia (by the way, sebentar lagi ada acara Festival Pembaca Indonesia loh. Ikutan yuk???). Senang rasanya saat mengetahui ada banyak kutu buku di Indonesia. Meski saya tak begitu aktif di goodreads. Biasa. Alasan klasik. Sinyal. Saat itu agak sulit mengakses goodreads sementara saya tak pernah tahu jika goodreads bisa diakses via mobile. Sehingga saya juga tidak tahu jika di Goodreads Indonesia punya komunitas pembaca buku sekaligus blogger. Mereka yang disebut blogger buku.

Sekitar awal Desember 2011, di salah satu postingan saya di blog buku saya terdapat sebuah pesan yang menyatakan jika blog saya masuk dalam komunitas Blogger Buku Indonesia. Tempat berkunpulnya para blogger gila buku dan gila baca. Saat membuka halaman Daftar Blog Buku Indonesia, saya kaget kalau blog buku saya masuk dalam urutan 107. Dan resmilah saya bergabung dalam Blogger Buku Indonesia. Banyak terima kasih buat Ana yang mendaftarkan blog buku saya.



Mendadak blog buku saya bermasalah! Halaman "dashboard" saya mendadak freeze. Beku. Tidak bisa diklik sana klik sini. Akhirnya setelah pusing sendiri, saya memutuskan untuk hijrah dari wordpress ke blogspot. Dan terciptalah http://putriuthieutama.blogspot.com yang saat ini anda akses.

Desember nanti tepat 1 tahun blog buku ini saya kelola. Dan 1 tahun juga saya bergabung di Blogger Buku Indonesia. Di Hari Blogger Nasional (yang jatuh pada 27 Oktober kemarin) tentu saya punya daftar panjang  mimpi akan kelangsungan blog sekaligus komunitas Blogger Buku Indonesia yang berulang tahun pada 13 April 2010.

gambar dipinjam tanpa izin dari sini

Besar harapan saya agar Blogger Buku Indonesia dapat terus eksis meski era keemasan blog kata mereka sudah pudar. Namun saya percaya komunitas yang berdiri dengan tujuan meningkatkan minat baca di Indonesia ini akan terus bertahan dan menjadi referensi orang banyak ketika ingin membaca suatu buku. Karena Blog Buku Indonesia mempunyai banyak blogger buku dengan segala macam genre bacaan favorit mereka. Bahkan saat ini telah terdata 189 blog buku yang secara berkala setiap enam bulan sekali dicek keaktifan blognya. Sehingga tidak ada blog buku yang hanya sekedar bergabung di Blog Buku Indonesia namun blognya mati suri bahkan mungkin benaran mati. Silahkan cek Daftar Blog Buku Indonesia untuk mengetahui 189 blog buku yang ada di Indonesia.

Selamat Hari Blogger Nasional (yang tahun ini tidak diperingati dengan acara Pesta Blogger Indonesia). Semoga pertumbuhan blog di negeri ini tidak seperti tumbuhnya cendawan di musim hujan. Tapi seperti pohon jati yang terus bertahan di musim kemarau dengan kemampuan meranggasnya namun tetap hidup hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Keep reading, keep blogging!!!

pic taken from here







18 komentar:

  1. ahhh kaget ada icon ku muncul.. hahahha.. >,<

    BalasHapus
  2. Hehehe....cerita kita rada mirip ya, put. Sama-sama "ditemukan" blognya.

    BalasHapus
  3. Iyaaa.. Ana emang rajin menemukan blog blog baru :)

    BalasHapus
  4. keren put, meski jauh tapi tetep eksis donk di blog, semoga sinyal selalu kuat =) =)

    BalasHapus
  5. eh, ada foto keren-ku nongol, itu adalah satu2nya foto yang terkeren yang kupunya, selanjutnya setiap di foto pasti jelek hasilnya... hehe

    keep reading and blogging ya put...

    BalasHapus
  6. salut dgn k'putri, bisa mnyempatkan nge-blog di perantauan.. ttp semangat!

    BalasHapus
  7. *mampir di blog BBI-er yang lokasinya paling jauh*
    Salut sama kamu Put, bisa tetep eksis meski lokasi jauh & signal suka kacrut. Semoga BBI terus bertahan & bisa ngasih dampak ke dunia perbukuan Indonesia, amiin...

    BalasHapus
  8. wah.. gabung dengan BBI hampir bersamaan dengan aku juga.. Aku ke 100.

    BalasHapus
  9. Semangat uwak utie,
    meski sinyal menghadang, surut kita berpantang...
    THH kali ya kan :))

    BalasHapus
  10. semangat put, tempat tinggal ak juga bukan kota besar kok, tapi kecintaan kita terhadap buku akan selalu menang :)

    BalasHapus
  11. Aahh ... suka banner Keep Calm & Continue Blogging, salut deh sama mbak Putri yang 'bertarung' dengan signal dan server yang suka error, tapi tetap aktif update :D aq suka ngak sabaran klo harus nunggu lama, ini penyakit yang harus diberantas, punya obatnya mbak ?

    BalasHapus
  12. tentap semangaat ya... walau kadang emang jaringan yg lola itu bikin males buat posting *itumahkamuNge!* :)

    BalasHapus
  13. Ayo semangat Put. Walau sinyal kacrut, blogging jalan terus. Baca juga iya :D
    Kapan2 kalau ke Ternate, aku nginep di tempatmu ya #sokakrab

    BalasHapus
  14. Gpp mba, biar jauh yg penting dekat di hati *tsah*

    Btw, 1 Desember nanti tepat 1 tahun ya usianya~ berarti join pas ada event SS dong yaaa.. asiiik :D

    BalasHapus
  15. meski sinyal gak mendukung, semangat nge-blog resensi jalan terus!!

    Semoga BBI terus berjaya :D

    BalasHapus
  16. Dan waktu baru kenal2 putri yang kepikiran adalah, widih nambah temen yang domisilinya jauuuhh nian, hehehe.. :)

    BalasHapus
  17. Wow, salut deh sama Putri, di tengah sinyal yang ndut2an dan jauh di pelosok sana masih semangat menulis di blog. Semangat terus ya Put.

    Wah Put di kolom Beri Komentar Sebagai nya bisa ditambahin pilihan name/URL nggak? Komenku nggak bisa masuk dengan akun blogku nih :(

    enggar
    http://buku.enggar.net

    BalasHapus
  18. Terus semangat ngeblog, pantang mundur.
    Anna @ rental mobil

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...