Rabu, 26 November 2014

Tentang Review Romance

pic source here
Jadi gini... saat melihat list buku yang menunggu untuk direview saya menyadari kalau saya sulit mereview buku-buku dalam list tersebut karena saya bingung bagaimana mau mereviewnya. Maksud saya, beberapa buku yang saya baca terutama dari penerbit Harlequin mempunyai template cerita yang nyaris sama, karakter hero dan heroine yang juga nyaris sama. Terkadang satu cerita dengan yang lain bisa saling bertukar di ingatan saya. Cerita A saya malah inget judul B, vice versa.

Yah... mau gimana lagi. Genre romance itu emang nggak bisa buat saya tinggalkan. Nah.. berbekal kebingungan itu saya mencoa mencari referensi bagaimana mereview buku-buku romance. Terutama bertandang ke blog yang banyak menampilkan review novel penerbit Harlequin. Tapi tetap saja saya bingung. 

Saya lalu meluaskan pencarian ke bahan diskusi untuk klub buku. Beberapa contoh pertanyaan dari klub buku itu saya pelajari. Secara garis besar semuanya mirip. Pertanyaan yang diajukan diantaranya tentang cover, karakter, setting, dan lain sebagainya. Beberapa situs klub buku yang mempunyai daftar pertanyaan untuk diskusi buku diantaranya : (klik saja linknya ya) 
  1. Litlovers
  2. American Library Association
  3. Westfield Memorial Library
  4. Book Bunldz

Akhirnya saya mencoba menyusun ulang semua pertanyaan dari situs-situs tersebut menjadi daftar pertanyaan yang mudah saya jawab :
  1. What is the significance of the title? Would you given the book a different title? If yes, what is your title?
  2. What were the themes of the book? And is the plot engaging? Does the story interest you?
  3. Who are the main characters? Do the characters seem real and believeable?
  4. What is the setting(s)?
  5. How style of the writing? Was there any symbolism in the book? Show example(s).
  6. What did you learn from, take away from, or get out of this book?
  7. Were there any particular quotes that stood out to you? Why?
Dan.. saya pun memutuskan untuk menggunakan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk membuat review buku-buku romance yang saya baca. Jadi bentuk reviewnya ya seperti menjawab pertanyaan. Dan sejauh ini saya menyadari dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, buku-buku dengan template, karakter hero dan heroine yang nyaris mirip akan tergali lebih dalam lagi. Kalau ingin membaca seperti apa reviewnya main saja ke blog buku romance saya "Read. Review. Romance.

Kalau kalian bagaimana mereview buku-buku dengan template, alur dan karakter hero-heroine yang nyaris mirip satu sama lain? Feel free untuk ninggalin komentar di bawah ya ;)



@ Medan
21112014

3 komentar:

  1. Aku sih standar aja Put..apalagi kalau yang model2 novel romance dengan trope yang itu - itu aja. Paling ya, nyeritain dikit, lalu bahas karakter, plot, pace dan POVnya. Kadang nambah juga bahas cover atau ada beberapa hal trivia yang perlu dibahas.

    Oh, nambah kadar sensualitasnya juga, biar yang baca ga kaget :))

    BalasHapus
  2. Aku juga bingung kalo baca romance yang plotnya hampir sama. Apalagi kalau berseri. Di tahun ini rata2 harlequin yang aku baca dikasih bintang 2-3 jadinya.

    Btw, list pertanyaannya oke juga. Bisa jadi bahan untuk review lebih dalam.

    BalasHapus
  3. iyaa romance memang semuanya mirip hanya karakter yang membedakan

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...