Kamis, 30 Juli 2015

Opini Bareng : Sidekick Characters


Sidekick characters secara singkat dapat diartikan sebagai karakter / tokoh pendamping, yaitu tokoh yang biasanya bertugas mendapangi tokoh utama dalam sebuah cerita. Sidekick character biasanya tampil berbeda dari karakter utama yang membuat sebuah kisah menjadi lebih berwarna dan lebih hidup.

Meski digambarkan memiliki sifat atau tampilan yang berbeda dari karakter utama namun terkadang beberapa sidekick character nyaris tidak mendapat perhatian pembaca. Beberapa lainnya justru membuat pembaca lebih menyenangi sidekick character dibanding tokoh utama. Hal ini bisa terjadi karena sidekick character yang hadir mempunyai penokohan yang kuat sehingga mampu "menyaingi" kehadiran tokoh utama. Sidekick character juga bisa menjadi pembuka jalan agar si tokoh utama mampu menyelesaikan permasalahannya.


Beberapa sidekick characters favorit saya diantaranya :
  1. Minho & Newt - The Maze Runner Series by James Dashner. Bersama Thomas mereka menjadi trio yang tak terpisahkan dalam serial tersebut. Sosok Minho yang ngomong seenak udelnya, smartass akan terasa timpang bila digabungkan dengan Thomas yang galau dan plin plan. Kehadiran Newt yang calm, cool, confident mampu menjembatani perbedaaan besar antara Minho dan Thomas. Thomas yang gampang naik darah bakal cepat meledak kalau bertemu dengan Minho yang ngomong nggak pake mikir. Tapi justru kehadiran Minho yang seperti itu mampu membuat Thomas berpikir lebih jernih.
  2. Chinna, Haymitch & Effie Trinket - The Hunger Games Series by Suzanne Collins. Meski secara karakter ketiga tokoh itu memiliki perbedaan yang sangat besar, tapi mereka punya satu kesaamaan. Berusaha melindungi Katniss dengan cara mereka sendiri. Bahkan untuk seorang Effie yang tampil glamour dan terkesan tak peduli pada apa pun kecuali dirinya sendiri. Ketiganya bahu membahu membantu Katniss melewati tekanan Presiden Snow.
  3. Gale Hawthorne - The Hunger Games Series by Suzanne Collins. Rivalnya Peeta Mellark ini juga sidekick character yang patut diperhitungkan. Kehadirannya ketika Katniss sedang berada di titik terendah dalam hidupnya cukup memberi arti dalam hidup Katniss. Buat saya Gale adalah the right man in the wrong time and place for the girl on fire, Katniss Everdeen.
  4. Patrick - How I Fall Series by Anne Elliot. Patrick adalah sahabat dari Ellen, seorang remaja penderita Cerebral Palsy yang menyenangi kegiatan fotografi. Meski bertahun-tahun bersahabat dengan Ellen, tapi tidak sekali pun Patrick naksir pada Ellen. Ia malah khawatir ketika seorang atlet sekolah yang bergabung dalam proyek fotografi sekolah bersama Ellen. Patrick khawatir kalau Cam, si atlet, akan melecehkan Ellen. Namun ketika Patrick mengetahui kalau Cam beneran cinta pada Ellen, ia berbalik arah dan mendukung Cam sepenuhnya untuk mendekati Ellen.

Itu dia beberapa sidekick characters favorit saya. Kalau kamu gimana? Ada nggak diantara beberapa nama diatas yang menjadi sidekick characters favorit kamu?

3 komentar:

  1. Minho sama Newt itu favoritooooossssss... *kecupmanja

    BalasHapus
  2. *jorokin Liliz ke dalam maze* *biar dikecup manja sama Griever* #eh :))

    BalasHapus
  3. Hahaha. Minho sama Newt emang tokoh sidekick yang sangat berkesan. Terutama Minho yang pemarah.

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...