Minggu, 25 Desember 2011

Cado Cado Kuadrat by Ferdiriva Hamzah


Judul : Cado Cado Kuadrat – Dokter Muda Serba Salah

Pengarang : Ferdiriva Hamzah

Penerbit : Bukune

Jumlah Halaman : 188 halaman

Serial : Catatan Dodol Calon Dokter #2

Kategori : Personal Literature

“KOASS = Kumpulan OrAng Serba Salah !!!” (Nygta Gina)


Sinopsis

Pernah satu saat ketika menolong seorang ibu melahirkan, aku dan Budi megang toa serta spanduk bertuliskan: "Ayo, Ibu! Kamu bisa!" Sementara itu, Evie lompat-lompat dan jumpalitan di depan si Ibu kayak cheerleader, lengkap dengan pompomnya, sambil ikutan teriak-teriak, "Ayooo, Ibu bisaaa!!! Tarik napassss!!! Doroooonggg!!! Doroooooonggg!!!"

Ibu yang sedang menjalani persalinan itu saking terharunya melihat usaha kami sampe teriak, "Doook! Huf...huf...huf.... Aduuuh... huf... huf... huf... dorong... dorong, saya jadi pengen pup! ... Huf... huf...huf!"

Tiba-tiba... Prrrooootttt!!! Si Ibu beneran pup! Alhasil, aku, Budi, dan Evie dihukum PPDS untuk membersihkan lantai kamar bersalin.

Ketemu lagi sama dokter dodol, Ferdiriva, yang akan membuat kalian jumpalitan ketawa lewat tulisannya. Banyak pengalaman lucu dibagi sama Riva, sewaktu ko-ass atau pendidikan lanjut mahasiswa kedokteran dulu. Mulai dari nanganin pasien yang ngejedot-jedotin stetoskop ke kepalanya sendiri, sampai dia sendiri yang ngejedot-jedotin kepalanya ngehadapin dosen.


Rating 
untuk kenangan koas gokil dr. Ferdiriva Hamzah

Review

Dalam buku ini ada beberapa cerita sewaktu Ferdiriva menjalani koassnya beberapa tahun silam bersama teman seperjuangannya Budi dan Evie. Ada beberapa bagian koass yang diceritakan di dalam buku ini. Diantaranya Ilmu Kulit Kelamin, Interna atau Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Ilmu Kandungan dan Kebidanan yang lebih populer dengan Obgyn, dan satu bagian sewaktu kuliah yaitu praktikum Parasitologi. Hal-hal yang pernah dilewati dulu yang mungkin terasa sangat menyebalkan diputarbalikkan oleh Ferdiriva menjadi cerita komedi yang ringan dan menghibur tanpa kehilangan nilai cerita itu sendiri.


Meskipun buku ini kesannya lebay, terlalu banyak dibuat-buatnya, tapi… jelas ada kebenaran di balik cerita ini. Setiap koass pasti pernah merasakan saat badan sudah protes minta diistirahatkan, mata pun sudah sayu, apalagi pikiran… sudah jelas tak lagi fokus, tapi tugas jaga tak bisa diganggu gugat. Tetap juga harus dilaksanakan.

Atau perasaan dongkol, sebel, nggak senang tapi tak bisa berbuat apa pun saat mendapati teman sekoass menggunakan pengaruh kekuasaannya untuk berbuat sesuka hati sementara yang tidak punya pengaruh apa pun terpaksa harus gigit jari. Magical words “Dok, kirim salam” bukanlah omong kosong. Walaupun jarang diutarakan secara langsung, pasti biasanya koass yang orangtuanya dokter “hidup”nya di dunia perkoassan akan lancar, aman, damai, terkendali. Ujiannya gampang, nilainya pun terjamin…

Kesan bahwa dokter atau minimal anak Kedokteran itu hidupnya bersih-bersih saja, pupus di cerita Ferdiriva tentang praktikum Parastologi yang dijalaninya. Salahsatu bahan praktikum yang dipakai di praktikum tersebut adalah (maaf) faeces. Jelas bahkan anak Kedokteran yang seharusnya kebal terhadap hal-hal menjijikan seperti itu akan muntah juga. Yah… bukankah dokter (dan mahasiswa kedokteran) juga manusia?

Saya nggak mau terlalu banyak mengupas isi buku ini, karena jika dikupas terlalu dalam maka siapa pun yang baru mulai membaca buku ini tidak lagi merasa terhibur oleh buku ini. Bagi yang bukan seorang dokter ataupun koass, membaca buku ini kadang terkesan lebay, mengada-ngada dan biasa saja. Tapi bagi para koass ataupun yang sedang menjalani koass dan dokter buku ini menjadi pengingat manis akan kekonyolan dan kedodolan masa koass. Namun, bukan berarti orang yang bukan koass ataupun dokter tidak terhibur membaca buku ini, minimal setelah membaca buku ini akan mengerti bagaimana kehidupan koass yang sebenarnya. Dan… jika saya bisa bertanya pada dr. Ferdiriva Hamzah suatu saat nanti, saya akan bertanya “Dok, dosen perempuan Parasit yang galak itu, bu Helma yah???”


 http://www.smileycodes.info http://www.smileycodes.info http://www.smileycodes.info


Oh... sedikit tentang sang pengarang : jika mau berkonsultasi dengannya tentang LASIK, jumpai beliau di http://icarelasik.co.id/ atau tertawa membaca ceritanya yang lain di http://dokpapakirimsalam.blogspot.com/ bisa juga ikuti kicaunya di @ferdiriva

1 komentar:

  1. wah, kayaknya buku ini boleh juga dijadikan koleksi. Sedang berburu buku-buku komedi dan untunglah buku ini tidak tebal :))

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...