Kamis, 15 Maret 2012

[Bloghop] Character Thursday #3 : Jesse Fitzgerald


Kamis datang... waktunya buat memilih-milih karakter yang disenangi atau dibenci sepanjang minggu ini...


Satu blog hop baru yang saya ikuti adalah Character Thursday. Jangan terkecoh dengan judulnya yang berbahasa Inggris, blog hop ini made in dalam negeri.

Character Thursday adalah bloghop yang diadakan oleh mbak Fanda, yang punya Fanda Classiclit.


Character Thursday

Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Berikut ini peraturan bagi peminat yang ingin ikutan:


1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di box di bawah button (cukup copas saja kode itu di posting atau di sidebar kalian).
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
4. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: "Nama blogger @ nama blog", misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
5. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…


^^^^^^^^^

Dan... pilihan saya minggu ini jatuh pada :

JESSE FITZGERALD

(My Sister Keeper - Jodi Picoult)



Jesse Fitzgerald adalah putra tunggal sekaligus anak sulung Brian dan Sara Fitzgerald. Punya sifat yang cenderung sembrono dan hidup tidak teratur.  Kamar yang terletak diatas garasi amat sangat berantakan. Jesse juga punya kecenderungan unik yaitu pyromania, suatu kecenderungan dimana penderitanya memiliki kesukaan untuk menyulut api.



Dari luar Jesse tampak sebagai seorang berandalan. Tapi sesungguhnya itulah cara Jesse agar kedua orangtuanya memperhatikannya. Hidup diantara Kate yang penderita leukemia APL dan Anna yang tiba-tiba membuat gebrakan dengan menuntut kedua orangtuanya, membuat Jesse luput dari pandangan orangtuanya.


Yang paling membuat saya simpati pada sosoknya adalah saat dia berdiri di depan etalase kaca sebuah toko selama beberapa jam, tapi tak ada seorangpun yang melihat atau sekedar melirik apa yang sedang dia kerjakan.


Malah saking inginnya dia menjadi sosok yang tak kasatmata, dia berdiri di persimpangan jalan raya di tengah lalu lintas padat. Jelas, mobil-mobil mengerem mendadak untuk menghindari tabrakan dengannya. 

Sesungguhnya aku tidak berpikir. Aku hanya berusaha berada di tempat aku akan diperhatikan (Jesse Fitzgerald - p. 316)

Sosoknya yang selalu akrab dengan heroin, mariyuana, dan minuman keras bukannya menimbulkan ketidaksukaan bagi saya, malah saya bersimpati akan kesepian dan kesendiriannya. Lari ke hal-hal seperti itu memang terkesan klise dan tidak bertanggung jawab, namun... entah kenapa rasanya hal itu justru menguak satu kebenaran yang selama ini agak terlupakan. Kita sering memandang orang lain hanya dari tampilan luarnya saja. Apa yang terjadi di balik tampilan luar itu, sering luput dari pengamatan.


My Sister Keeper yang diangkat ke layar lebar pada tahun 2009, memunculkan karakter Jesse Fitzgerald yang lumayan mirip dengan imajinasi saya.


Pic taken from here




Sosok Jesse Fitzgerald yang diperankan oleh Evan Ellingson cukup tepat menggambarkan sosok yang kasat mata dengan gaya hidup yang luntang-lantung kesana kemari.


My Sister Keeper screencaps taken from here



Baiklah... Itu dia karakter pilihan saya minggu ini... Bagaimana dengan karakter kamu minggu ini???




3 komentar:

  1. Aku juga suka sama karakter Jesse ini. Walau udah lama banget baca bukunya, tapi seingetku dia selalu baik sama Anna dan pasti sulit banget berada di tengah keluarga kayak gitu.

    BalasHapus
  2. Menarik karakternya si Jesse ini (aku belum baca bukunya). Dan memang banyak ya di kehidupan nyata orang2 yang memiliki masalah yg sama seperti Jesse. Pertanda perhatian memang salah satu kebutuhan penting bagi manusia.

    BalasHapus
  3. @mbak Nana : iya mbak... aku lebih cenderung sosok Jesse daripada yang lain... Karena dia jarang banget diperhatikan sama keluarganya...

    @mbak Fanda : perhatian memang salah satu kebutuhan penting bagi manusia... tapi sayang, begitu kita sudah terpaku pada satu hal atau seorang manusia yang lain, kita lupa ada manusia lain yang juga butuh perhatian kita sama besarnya...

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...