Kamis, 19 April 2012

[Bloghop] Character Thursday #6 : Lili

Setelah kemarin jaringan internet yang lelet dan kesibukan saya yang terlalu menyita waktu, sehingga Bloghop yang diadakan mbak Astrid yaitu Wishful Wednesday tak jadi saya ikuti cryingcrying. Dan... hari ini saya harus (maksa mode on) mengikuti bloghop sejenis. Character Thursday. Nggak papa deh, bangun pagi-pagi buta buat nulis postingan #lebay cool


Satu blog hop yang saya ikuti adalah Character Thursday. Jangan terkecoh dengan judulnya yang berbahasa Inggris, blog hop ini made in dalam negeri.

Character Thursday adalah bloghop yang diadakan oleh mbak Fanda, yang punya Fanda Classiclit.


Character Thursday

Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Berikut ini peraturan bagi peminat yang ingin ikutan:


1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di box di bawah button (cukup copas saja kode itu di posting atau di sidebar kalian).
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
4. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: "Nama blogger @ nama blog", misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
5. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

^^^^^^^^^

Dan... pilihan saya minggu ini jatuh pada :

LILI

(Sunset Bersama Rosie - Tere Liye)



Lili adalah putri bungsu dari pasangan Nathan dan Rosie. Saat kejadian Bom Bali yang menewaskan sang ayah dan ibu menjadi depresi berat sehingga harus dirawat di sebuah panti perawatan, Lili masih berusia satu tahun. Meskipun terlalu kecil untuk mengerti dan mengingat kejadian Bom Bali tersebut, namun  ternyata sedikit banyaknya kejadian tersebut membawa dampak bagi Lili.

Lili tumbuh menjadi anak yang tidak pernah mau berbicara pada siapapun. Dia hanya mau berbicara pada Jasmine, kakak ketiga sekaligus pengasuhnya sejak kecil. Keinginan, kemarahan, dan semua hal diungkapkan Lili melalui ekspresi wajah dan gerak tubuhnya. Meskipun begitu, satu kejadian akhirnya membuat Lili berbicara setelah tiga tahun bungkam.

 Sosok Lili menarik perhatian saya karena Tere Liye memberikan porsi yang lumayan pada sosoknya. Pun diakhir cerita Lili menjadi sosok yang berbeda dan pembuka tabir yang selama ini tersembunyi, yang mengubah jalan kehidupan Tegar, Rosie, dan Sekar. Selain itu karena saya selalu penasaran apa sebenarnya yang ditangkap dan dirasakan oleh anak-anak yang bahkan belum mampu mengingat dan memahami apa yang terjadi bila ada suatu kejadian besar, semisal kematian yang terjadi pada mereka. Apakah kejadian itu akan berdampak pada tumbuh kembang mereka?

Dan... sosok Lili membuat saya bertanya-tanya akan keadaan anak-anak yang kehilangan orangtuanya, kehilangan anggota tubuhnya, ketika Bom Bali (1 ataupun 2) merenggut segalanya dari mereka. Akankah mereka tumbuh menjadi sosok-sosok tanpa harapan dan penuh dendam? Ataukah mereka menjadi anak-anak yang memahami indahnya menerima, memaafkan, tapi tidak melupakan kejadian tersebut, seperti sosok Anggrek, Sakura, Jasmine, dan Lili dalam buku ini?

"Paman, Lili akan menjadi apa saja yang Paman inginkan. Lili akan menuruti semua yang Paman katakan. Lili akan bicara apa saja yang Paman  inginkan. Asal, asal, Paman jangan pergi. Paman jangan pergi." (p. 424)


Sebenarnya masih ada kalimat lain dari Lili yang jauh lebih menarik perhatian saya. Namun bila saya ungkapkan, bisa jadi memberi tahu akhir cerita yang ada. Dan... Sunset Bersama Rosie tak lagi menarik untuk dibaca.

Baiklah... Itu dia karakter pilihan saya minggu ini... Lili, kuntum bunga terakhir Rosie dan Nathan. Bagaimana dengan karakter kamu minggu ini???







6 komentar:

  1. ahhh penasaran sama buku2nya tere liye terutama yang satu ini =D btw minggu depan ikutan lagi Wishful Wednesday ya Mbak, hihihi

    BalasHapus
  2. Waah..keren juga! Menurutku sih meski masih kecil, seorang anak pasti mengerti bahwa ada sesuatu yg buruk sedang terjadi.

    BalasHapus
  3. jadi penasaran sama bukunyaaa

    BalasHapus
  4. aku punya 1 Tere Liye. belum sempat baca udah dilarikan adikku ke Mentawai nemenin dia PTT :(

    BalasHapus
  5. @mbak Astrid : sip mbak... Minggu depan saya usahakan ikut Wishful Wednesday-nya mbak Astrid...

    @mbak Fanda : setuju sama mbak Fanda... walau mereka belum mengerti tapi mereka sudah punya perasaan bahwa ada suatu hal buruk yang terjadi...

    @Alvina : ayo Vin... mau dipinjemin nggak bukunya???

    @Ira : ambil balik Ira... baca dulu baru kasih balik ke dia :D nggak ada teman di Mentawai??? pohon kelapa banyak kok... :D *dihajar adeknya Ira*

    BalasHapus
  6. Mauuuu.. eh, udah dikirim belum paketnya? kalo belum sekalian aja. *lebih dari sekilo ngga ya?

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...