Kamis, 21 Maret 2013

[Hotter Potter Meme] Hewan Peliharaan Baruku

Absen mengikuti Hotter Potter Meme bulan lalu, kali ini saya harus ikutan. Dan pertanyaan bulan ini adalah...

"Dari semua makhluk/hewan ajaib yang ada di buku Harry Potter, apa yang paling ingin kamu jumpai didunia nyata? Jangan lupa alasannya!

picture from here
Yup! Naga. Kenapa harus naga? Well... karena naga itu keren, badannya gede. Selain itu naga merupakan salah satu makhluk mitologi paling terkenal. Ada banyak kebudayaan yang punya mitologi tentang naga. Naga punya banyak nama tergantung dari daerahnya, seperti dragon (Inggris), draken (Skandinavia), Liong atau Lung (Cina).


Naga didunia barat (dataran Eropa) digambarkan sebagai kadal besar dengan 2 tangan, 2 kaki dengan sayap yang besar, mampu menyemburkan api, dan tinggal di gua bawah tanah. Hal itu diinterpretasikam oleh para sineas Hollywood menjadi sosok naga di banyak film seperti serial Harry Potter dan The Chronicles of Narnia: The Voyage of Dawn Treader.

picture from here

Tradisi Cina menggambarkan naga sebagai ular raksasa dengan tanduk, sungut, dan cakar, dimana versi yang tidak terlalu menakutkannya bisa dilihat dalam bentuk barongsai.

Naga punya kedudukan penting dalam budaya Cina, ssehingga hanya naga, satu-satunya makhluk mitologi yang menjadi lambang salah satu Shio Cina. Naga juga dianggap sebagai simbol kekuatan alam yaitu angin topan. Berbeda dengan mitos di Eropa yang memandang naga sebagai makhluk buas dan liar, masyarakat Cina dan Asia lainnya menganggap naga memiliki sifat baik sepanjang ia selalu dihormati.

Naga di Cina juga dianggap sebagai penjelmaan roh orang suci yang belum bisa masuk surga. Roh tersebut menjelma dalam bentuk naga kecil dan tidur di dalam bumi untuk waktu yang lama. Bingung membayangkannya? Ingat saja Mushu, naga merah, kecil, heboh, gak bisa diam dalam film kartun Mulan.

picture taken from here

Indonesia ternyata juga punya mitos tentang naga. Bagi suku Dayak dan suku Banjar di Kalimantan, naga merupakan simbol penguasa alam bawah yang hidup didalam air atau tanah dan disbut debagai Naga Lipat Bumi. Budaya Minangkabau juga punya dongeng tentang ngarai Sianok yang diciptakan naga.

picture taken from here

Naga dalam dunia Harry Potter identik dengan si pengawas hewan liar Rubeus Hagrid yang tergila-gila pada naga sejak di buku pertama. Robert, naga kecil yang menetas dirumahnya Hagrid keliatannya imut-imut. Dan... bagi saya nih, naga itu saat besar juga bisa jadi investasi menguntungkan. Tidak percaya? Ya... kalau memasak, saya tidak perlu lagi menyiapkan segala jenis kompor lengkap dengan gas atau minyak tanahnya. Tinggal sedikit memodifikasi kompor yang ada dan letakkan si naga di bawah kompor. suruh dia buka mulut, api bakal segera keluar dari mulutnya dan.... memasak deh saya...

Walaupun berguna, tapi tetap aja naga itu bentuknya nyeremin! Eits... siapa bilang? Naga itu tidak semuanya menakutkan. Ada kok Naga yang penampilannya keren dan manis. Gak percaya? Nih... saya tunjukkin fotonya!

gambar dari kapanlagi.com

Udah percaya kan kalau nggak semua naga itu menyeramkan? *songong* *kemudian berlalu dengan tenang*

Yah... daripada saya makin ngalor-ngidul gak keberesan, kita udahan aja ya. Intinya, kalau makhluk ajaib atau hewan yang ada didunia Harry Potter itu nyata, saya bakal rikues dan memelihara naga dengan stadion besar sebagai kandangnya. Eng.... boleh rikues Hedwig juga gak sih? *plllaaakkkk*




sumber tulisan:
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Dragon
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Naga

@Halmahera
20032013

3 komentar:

  1. *ngakak*
    Naga yang terakhir mah ganteng beud. Aku juga mau. ^^

    BalasHapus
  2. Peradaban yang abadi dan mampu bertahan lama, selalu dimulai dengan sebuah bacaan. Peradaban Yunani dimulai dari ‘Iliad’ Karya Homer sampai dengan Kitab Perjanjian Baru. Peradaban Eropa dimulai dari Karya Newton sampai Filsafat Hegel. Puncaknya peradaban Islam yakni Al-Quran yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW terbukti terus menyebar, menular dan mengakar sepanjang zaman.

    Semoga isi dan konten blog ini yang memiliki kepedulian dengan buku menjadi salah satu pewaris kecerdasan bagi generasi dikemudian hari.

    Salam kenal, semoga sukses.
    SEHABUDDIN
    http://sehabooks.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Aku suka postnya, karena memuat informasi tentang naga dari berbagai sudut pandang budaya. Sip! Thanks & good luck yah!

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...