Rabu, 14 Agustus 2013

Wishful Wednesday #25

Kembali lagi di Wishful Wednesday. Yuk intip apa buku impian saya minggu ini....

 
Judul : Catatan Ichiyo : Perempuan Miskin di Lembar Uang Jepang


Penulis : Rei Kimura

 Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Maret 2012

Tebal : 286 halaman

 Sinopsis

Ichiyo Higuchi adalah gadis Jepang biasa. Ia terlahir dengan nama Natsuko Higuchi, sebelum mengambil keputusan besar untuk mengganti namanya menjadi Ichiyo Higuchi. Ia menjalani hari-hari yang sulit dan melelahkan. Berpindah-pindah dari rumah yang satu ke rumah yang lain karena kondisi keluarga yang miskin.

Sepeninggal ayahnya, yang paling berpengaruh bagi bakat sastranya, Ichiyo menjadi anak yang paling bertanggung jawab untuk menjaga keluarganya. Pekerjaan apa pun ia lakukan demi semangkuk nasi, sup miso shiru dan acar bagi keluarganya. Mulai dari menulis cerpen dan novel, berdagang, hingga pekerjaan seperti mencuci dan menjahitkan kimono orang lain.

Perjalanan hidup mengarahkan Ichiyo menjadi penulis. Menjadi penulis perempuan pada zaman Meiji adalah hal yang hampir mustahil, namun tekad dan semangat Ichiyo akhirnya membawanya menjadi salah satu penulis yang paling diperhitungkan di Jepang. Sayang, kesehatan yang terus memburuk akibat penyakit tuberkulosis yang menggerogoti Ichiyo mengantarnya pada ajal di usia belia, 24 tahun.

Di akhir hidupnya, barulah sajak dan novel-novelnya dibaca dan dihormati oleh warga Jepang. Beratus-ratus tahun kemudian wajahnya diabadikan pada mata uang kertas 5.000 yen Jepang. Sebuah penghormatan dan kedudukan yang tak pernah dicapai oleh perempuan Jepang mana pun.
Alasan saya yah... Apa lagi kalau bukan karena ini buku tentang perempuan dan punya cerita sejarah. Saya punya ketertarikan sendiri terhadap sejarah. Dan berdasarkan sinopsisnya sukses membuat penasaran. Trus gara-gara ngeliat buku ini saya jadi penasaran melihat uang Yen yang ada foto Ichiyo-nya. 

Dan yak... berhubung Wishful Wednesday kali ini yang punya empu Wishful Wednesday aka. Mbak Astrid ngadain giveaway dalam rangka 4 tahun usia blog Books To Share *wah... udah gede banget* *udah bisa masuk TK* *tebar confetti* maka pada giveaway kali ini saya berharap buku yang jadi postingan Wishful Wednesday kali inilah yang ingin saya miliki. Supaya Mbak Astrid gak susah ngubek-ubek bookstore online, ini deh saya kasih link dimana bisa mendapatkan buku ini : di web bukukita : disini atau di web bukabuku : disini
*kok cuma satu put buku impiannya?* *iya satu aja. Nggak usah kalap. Kalau memang menang baru nanti minta tambah ke Mbak Astrid* #eh

Yah... Ngarepnya udah. Ngomong langsung gak pake kode juga udah. Tinggal berdoa semoga mas random yang sering nggak bersahabat dengan saya itu kali ini berbaik hati pada saya dan memilih saya sebagai pemenang. Amiiiinnnnn.....


Ikutan Wishful Wednesday yuk? Peraturannya :
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky. 
  3. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
  4. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!

7 komentar:

  1. Semoga dapet Mba Putri hihihi

    BalasHapus
  2. ok, semoga beruntung yah

    BalasHapus
  3. wahh....masih ada ya bukunya mbak, eh tapi baru terbit tahun lalu kyknya, buku-buku Rei Kimura lainnya juga bagus lho.
    smg beruntung ya :D
    [ http://my-classic-books.blogspot.com/2013/08/my-wishful-wednesday-26-wordsworth.html ]

    BalasHapus
  4. semoga menaang Puuut :*

    BalasHapus
  5. wkwkwk yakin put cuman 1 aja? ;p tertarik juga buku ini karna hisfic perempuan dengan setting jepang biasanya keren (memoirs of geisha, etc). gudlak yah put, thanks udah ikutan

    BalasHapus
  6. Semoga terkabul ya! ;)

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2013/08/13/wishful-wednesday-21/

    BalasHapus
  7. waa terkabul.. senangnya..
    selamat ya :)

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...