Kamis, 03 Januari 2013

The Hunger Games : The Official Illustrated Movie Companion by Kate Egan


Ketika sebuah buku diadaptasi ke layar lebar maka ada banyak ekspektasi di dalamnya. Tak sedikit yang kecewa ketika film tersebut tak sesuai kenyataan. Tak sedikit juga yang merasa puas. Imajinasi sang sutradara sering kali tak memenuhi harapan sang pembaca. Mulai dari tokoh, setting hingga jalan cerita yang terkadang harus diubah demi merangkum sekian ratus halaman dalam sekian ratus menit film.

Saya pribadi lebih banyak kecewanya ketika menonton film adaptasi buku. Tak usah menyebut Hafalan Shalat Delisa yang semilyar persen jauh dari kenyataan saat dan pasca tsunami berlangsung, film Harry Potter yang merupakan salah satu serial film favorit saya masih banyak kurangnya. 

Ketika membaca buku ini saya baru tahu dan sadar betapa sulitnya menerjemahkan sebuah buku menjadi sebuah buku yang layak tonton tanpa kehilangan point-point penting di dalam buku sekaligus dapat membuat penonton yang tak pernah membaca buku dari film tersebut dapat mengerti alur, karakter dan inti cerita.

"When you're adapting a novel into two-hours movie you can't bring everything with you. So a lot of compression is needed."

Buku ini dibuka oleh cerita Suzanne Collins. Mengapa ia terinspirasi untuk membuat The Hunger Games. Padahal saat itu Suzanne Collins juga sedang menulis sebuah buku yang lain. Ternyata pengalaman masa kecil Collins juga memberi andil dalam buku ini.


Hal selanjutnya yang dibahas dalam buku ini adalah urusan pemain. Beberapa pemain harus menjalani casting sedang beberapa lainnya langsung merasa dirinya harus terlibat dalam film tersebut karena sebuah karakter yang mereka yakin mampu mereka perankan. Proses casting pun beragam, ada pemain yang saat ia masuk ke ruang casting langsung dihadapkan pada sederet senjata dan diharuskan memilih senjata yang ia inginkan.

Meski banyak yang bilang Jennifer Lawrence, pemeran Katniss itu terlalu pirang, kurang kurus, dan sebagainya, tapi membaca perjuangannya sewaktu latihan fisik agar mampu menjalani semua adegan fisik dalam film, saya rasa tindakannya cukup diacungi jempol.

"I did every kind of training you can possibly imagine for this role. I had running coach and I did stunt training so, you know, I did wall climbs and vaults and jumps and all sorts of stuff.  I had archery for many weeks... it was rough, but it was fun. Archery was such a mind game. You have to just focus on one thing and if you get it wrong you get whipped with a string going over a hundred miles an hour. And it is painful, believe me.

T-Bone  Barnett is producing the music, which is still unbelievable to me. So he trained me a little bit with the singing. I have the worst voice in the world, so that was probably one of the hardest things he's had to do, but I sang the melody, the lullaby, in my big scene with Rue."

Masalah kostum pemain, lokasi penggambilan dibahas di bab berikutnya. Bahkan jenis makanan yang dihidangkan di Capitol dan gaya berpakaian masyarakat Capitol pun dipikirkan dengan jeli. Harus sesuai, minimal mendekati dengan deskripsi di buku. Tak lupa dengan cerita segala kendala yang mereka hadapi selama proses syuting. Yang pasti buku ini dipenuhi oleh berbagai macam gambar yang membuatnya semakin menarik. Gambar-gambar yang saya tampilkan di postingan ini adalah beberapa gambar dari sekian banyak gambar yang ada.

Meski belum menonton filmnya (maklum disini tidak ada bioskop) tapi melihat segala hal yang mereka deskripsikan di buku ini, saya rasa mereka telah melakukan segala hal untuk mengangkat Hunger Games menjadi sebuah film yang wajib tonton.

Buku ini saya miliki dalam format ebook. Jika pembaca ingin memilikinya dengan meminta melalui saya, saya mohon maaf tidak dapat memberikannya. Bukannya pelit, namun dengan kondisi jaringan yang parah, sulit bagi saya untuk mengirimkan file apapun yang beratnya lebih dari 1MB. Sementara ebook ini punya berat 4,6 MB.

Judul : The Hunger Games : The Official Illustrated Movie Companion
Penulis : Kate Egan
Penerbit : Scholastic Press, Maret 2012
Format : ebook
Tebal : 160 halaman
ISBN : 9780545452397

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...