Kamis, 27 Juni 2013

Perfume by Patrick Suskind

Judul : Perfume : The Story Of A Murderer
Penulis : Patrick Suskind
Penerbit : Dastan Books, April 2010
Tebal : 316 halaman
Genre : Thriller
ISBN : 978-979-3972-46-6

Sinopsis Perfume : The Story Of A Murderer

Sejak kelahirannyaJean-Baptiste Grenouille sudah terbiasa hidup sendiri. Ibunya dihukum pancung, ia diserahkan ke biara dan ibu susu untuk diasuh. Tapi pastur dan ibu susunya pun menolak merawat hingga Grenouille terdampar di rumah pengasuhan anak yatim piatu Madame Gaillard.

Grenouille buka anak hebat. Tubuhnya bungkuk dan wajahnya buruk rupa. Tapi dirinya punya keistimweaan yang tak dimiliki seorang pun didunia. Ia tidak punya bau badan sejak lahir dam punya daya penciuman luar biasa. Ia bisa membaui aroma apa pun bahkan dari jarak jauh sekalipun. Grenouille juga tangguh. Ia berhasil bertahan hidup dari penyakit apa pun yang menyerangnya yang hanya meninggalkan bekas berupa beberapa parut yang menghiasi wajah dan seluruh tubuhnya.

Perjalanan hidup Grenouille sebagai ahli parfum dimulai ketika ia bertemu dengan Maitre Baldini. ahli parfum terkenal di paris. Kemampuannya memilah-milah aroma dari satu parfum langsung menarik perhatian Baldini, yang segera mengangkatnya menjadi asisten.  Grenouille mulai belajar bagaimana menghasilkan minyak beraroma sempurna dari berbagai penyulingan bunga dan tumbuhan. Dengan bantuan Grenouille, Baldini sukses besar. ia dikenal sebagai yang parfum yang mampu menghasilkan berjuta jenis parfum dan memiliki kekayaan melimpah dari hasil penjualan parfum.


Tidak puas dengan pengetahuan yang dimilikinya Grenouille meninggalkan Paris dan berkelana seorang diri. Badannya yang tak berbau membuat perjalanannya lancar karena tak seorang pun peduli padanya. Jangankan peduli pada Grenouille, kehadirannya saja sering tak disadari karena tubuhnya yang tak berbau. Ia pun menyepi di sebuah gunung hingga bertahun-tahun lamanya.

Lelah menyepi, Grenouille melanjutkan perjalanan yang lagi-lagi berakhir pada seorang ahli parfum disebuah kota kecil. Hanya saja teknik yang digunakan si ahli parfum yang baru sangat berbeda dengan yang dulu digunakan Baldini. Grenouille cepat belajar tentang teknik tersebut hingga hasilnya ia berhasil mengidentifikasi segala macam aroma. 

Suatu ketika Grenouille mencium aroma yang lain dari biasanya. Ia tergila-gila pada aroma tersebut. Aroma tersebut berasal dari tubuh seorang gadis perawan yang baru saja beranjak dewasa. Grenouille terobsesi untuk memiliki dan menyimpan aroma tersebut dengan cara apa pun. Karena hidupnya tak akan sempurna tanpa aroma-aroma tersebut. 

***

Saya amat sangat jarang membaca buku thriller. Tapi yang satu ini berhasil saya selesaikan hanya dalam satu hari saja. Ide ceritanya unik. Meski beralur sangat lambat tapi setiap halamannya punya daya tarik dan membuat pembaca ingin cepat-cepat menyelesaikan bukunya untuk mengetahui berhasil tidaknya ambisi Grenouille. Sayangnya cara Grenouille mengekstrak para perawan itu tidak dijelaskan secara mendetil seperti cara ia mengekstrak tanaman dan hewan. Sehingga menimbulkan rasa tidak puasbagi saya. paris yang digambarkan disini sungguh menarik perhatian. Paris bukanlah kota cantik, penuh cahaya dan romantisme. Paris disini adalah kota yang penuh aroma tak meyenangkan dan kotor.

Trivia :

Macam-macam wewangian yang bisa dikenal antara lain :
  • Pure Perfume sendiri sebenarnya adalah sebuah extract wewangian dengan konsentrasi antara 15%-30% berupa minyak fragrance (campuran lainnya bisa berupa air atau alkohol) dan dapat bertahan lebih dari 6 jam jika dipakai. Beberapa merek menawarkan produknya dengan jenis ini, tapi biasanya sangat langka dan mahal. Lihat juga Parfum Eau dan Original Eau. 
  • SOIE de Perfume adalah jenis yang tidak biasa beredar di pasaran komersial sama seperti pure perfume, dengan konsentrasi 15%-18% minyak perfume, dapat bertahan kurang lebih 3-6 jam jika digunakan. 
  • Eau de Perfume (Parfume Eau) adalah jenis yang sedikit umum di pasaran dengan konsentrasi minyak antara 8%-15% dan bertahan kurang lebih 3-5 jam jika dipakai, harganya sedikit lebih mahal dari pada concentrated fragrance, tergantung dari merk dan jenisnya.  
  • Eau de Toilette adalah jenis yang sangat umum di pasaran industri wewangian, konsentrasi minyak perfume yang dikandung kurang lebih antara 4%-10% dan bertahan antara 3-4 jam jika digunakan. Jenis ini biasanya jenis terkuat yang disediakan untuk parfume pria. 
  • Eau de Cologne adalah jenis dengan konsentrasi minyak 2%-5% dan dapat bertahan sampai dengan 3 jam. Jenis ini dulu sempat sangat populer, tapi saat ini sudah tidak sebanyak dulu. Umumnya untuk perfume wanita, masih sedikit umum dijumpai untuk perfume pria. 
  • After Shave (A/S) adalah jenis dengan campuran dengan konsentrasi minyak 3% atau kurang dan dapat bertahan kurang lebih 2-3 jam dan cukup umum dijumpai pada berbagai merk perfume. Biasanya pada after shave mengandung balm atau aloe (lidah buaya) yang digunakan untuk menenangkan pori-pori setelah bercukur bagi para pria. Kandungan alkoholnya juga berfungsi untuk menutup kembali pori-pori. 
  • Eau Fraiche adalah jenis yang tidak umum untuk industri besar dengan campuran kurang dari 3% dan bertahan hanya sekitar 1 jam saja. Biasa pula disebut dengan nama Perfume Mist atau Splash.
Sementara istilah 'Eau de' (Parfume Eau) yang digunakan untuk beberapa istilah diatas dalam Bahasa Inggris berarti 'water of'. Selain itu juga sering dijumpai tulisan 'pour homme' (Bahasa Perancis) yang berarti 'untuk pria' atau dalam Bahasa Inggris berarti 'for men' sedangkan lawannya adalah 'pour femme' atau 'untuk wanita'.  (dikutip dari kumpulan kliping cantik)

image source
Patrick Suskind adalah penulis kelahiran 1949. Ia mempelajari sejarah di Munich dan telah menjadi penulis di dunia  pertelevisian  sebelum menulis Das Parfum ini. Novelnya yang lain berjudul Die Geschichte von Herrn Sommer (Kisah Tuan Sommer) terbitan 1992 telah mendulang sukses seperti halnya Das Parfum. Selanjutnya ia juga menerbitkan Drei Geschichte (Tiga Kisah) pada tahun 1996. Patrick Suskind tinggal di Munich.

Postingan untuk  Baca Bareng Juni 2013 dengan tema Sastra Eropa, yaitu penulis yang berasal dari Eropa. 

@ Halmahera
11062013

2 komentar:

  1. dari tampang penulisnya aku bisa ngebayangin si pembuat parfum yg lagi menyamak korbannya entah kenapa #lho

    pertama BW ke blog putri ini hehe
    salam perdana deh dari kilas buku

    #KilasBukuBlogwalking

    Dila
    http://kilasbuku.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ini ada di timbunanku tapi belom dibaca...adegannya sadis nggak put? suka stress kalo baca yg terlalu gamblang kayak buku2 thriller jepang hehe

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...