Kamis, 30 Januari 2014

Manusia-manusia Paling Misterius + Who Is My Santa?


banner credit : Mbak Peni @ Ketimbun Buku
gambar nyolong dari Oky @ Kumpulan Sinopsis Buku
Judul : Manusia-manusia Paling Misterius di Indonesia
Penulis : Anton WP
Penerbit : Bukukatta
Terbit : 2012
Tebal : 126 halaman
Format : paperback
Genre : Non Fiksi
Status : kado Secret Santa 2013
ISBN : 9789791032711
Judul : Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia
Penulis : Eka Nada Shofa Alkhajar
Penerbit : Bukukatta
Terbit : 2012
Tebal : 156 halaman
Format : paperback
Genre : Non Fiksi
Status : pemberian Secret Santa 2013
ISBN : 9789791032681

Dear Santa, maaf ya, The Casual Vacancy-nya belum bisa direview. Masih di tengah perjalanan membacanya. Jadi gak papa ya, kalau 2 buku ini yang aku review duluan.

Dua buku ini saya gabung menjadi satu karena memiliki persamaan tema. Yang membedakannya hanya ruang lingkup. Yang satu mengambil lingkup dunia, yang lain lingkup Indonesia.

Dari judul bukunya saja sudah jelas apa yang dibahas buku ini. Tokoh-tokoh yang dibahas dalam kedua buku itu antara lain :
  • Gajah Mada : Misteri Sang Pemersatu Nusantara
  • Hang Tuah : Misteri Laksamana Dua Bangsa Serumpun
  • Syekh Siti Jenar : Misteri Wali Kesepuluh
  • Ronggowarsito : Misteri Pujangga Besar Terakhir Tanah Jawa
  • Si Pitung : Misteri Robin Hood Dari Betawi
  • Tan Malaka : Misteri Bapak Republik Yang Terlupakan
  • Supriyadi : Misteri Pemimpin Pemberontakan PETA
  • Kahar Muzakkar : Misteri Seorang Pemberontak
  • Syam Kamaru Zaman : Sosok Misterius di Balik Tragedi 30 September 1965
  • Sudjana Kerton : Misteri Diculik UFO

  • Jack The Ripper : Sang Pembunuh Para Pelacur Yang Tak Kunjung Terungkap
  • King Arthur : Legenda atau Rekaman Sejarah Nyata?
  • Man In The Iron Mask : Laki-Laki Misterius Di Balik Topeng Besi
  • Notradamus : Sang Ahli Nujum Kontemporer
  • Robin Hood : Sang Penganut Althurism Sejati, Apakah Ia Pernah Ada?
  • Uri Geller : Fenomena Atau Tipuan?
Kalau ditanya semua diatas yang mana yang paling membuat saya penasaran, maka saya akan memilih Hang Tuah, Tan Malaka, dan Jack The Ripper. Khususnya buat Jack The Ripper. Saya penasaran banget alasan dia melakukan tindakan pembunuhan super sadis dengan memutilasi korban-korbannya. Saya sih gak percaya dengan pendapat yang mengatakan kalau sosok si Jack The Ripper itu seorang yang menderita kelainan jiwa. Pasti ada alasan kuat sehingga dia melakukan hal sekeji itu. Kalau satu korban sih bisa dimaklumi mungkin ia mengalami gangguan jiwa.


Tentang Hang Tuah, salut juga sih bagaimana pemerintah Malaysia menjual potensi wisatanya dengan menjadikan daerah kelahiran Hang Tuah sebagai objek wisata. Seandainya pemerintah Indonesia mau berbuat hal serupa. Karena menurut kabar yang beredar Hang Tuah itu meninggal dan dimakamkan di Indonesia. Bahkan kabarnya juga tanah kelahiran Hang Tuah juga berada di Indonesia.

Tapi dari sekian banyak tokoh-tokoh diatas, ada satu tokoh yang pasti bakal kembali beken namanya menjelang pesta demokrasi yang akan berlangsung sebentar lagi. Siapa lagi kalau bukan Ronggowarsito dengan ramalan “tujuh satria piningit”nya. Tujuh satria piningit itu diramalkan akan memimpin wilayah seluas wilayah Majapahit, yang kemudian diartikan sebagai Indonesia.

Meski sudah banyak beredar tentang tujuh satria piningit, ini deh saya tuliskan kembali ketujuh satria piningit itu :
  1. Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro. Pemimpin yang sering masuk penjara (Kinunjoro) dan membebaskan negara ini dari penjajahan. Tokoh yang menjadi pemimpin terpandang di seluruh jagad (Murwo Kuncoro).
  2. Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar. Pemimpin yang berharta dunia (Mukti) dan berwibawa (Wibowo), namun akan selalu dipersalahkan dan dikaitkan dengan segala keburukan (Kesandung Kesampar).
  3. Satrio Jinumput Sumelo Atur. Pemimpin yang diangkat atau terpungut (Jinumput), namun hanya sebagai masa transisi atau menyelingi (Sumelo Atur).
  4. Satrio Lelono Topo Ngrame. Pemimpin yang suka mengembara atau keliling dunia (Lelono), berjiwa religius/rohaniawan (Topo Ngrame).
  5. Satrio Piningit Hamong Tuwoh. Pemimpin yang muncul karena membawa kharisma dari moyangnya (Hamong Tuwuh).
  6. Satrio Boyong Pambukaning Gapuro. Pemimpin yang berpindah tempat/jabatan (Boyong), menjadi peletak dasar atau pembuka gerbang menuju tercapainya zaman keemasan (Pambukaning Gapuro).
  7. Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu. Pemimpin yang sangat religius (Pinandito), yang akan selalu bertindak atas dasar hukum dan petunjuk Sang Pencipta (Sinisihan Wahyu).

Kamu percaya pada ramalan Ronggowarsito diatas? Kalau saya sih ya enggak. Sama halnya seperti saya tidak percaya pada ramalan Notradamus. Yang pasti sih sepanjang menulis ketujuh satria piningit tersebut saya agak mengalami kesusahan juga sih. Maklum banyak istilah Jawa.

Saya salut buat dua penulis buku ini yang mengumpulkan banyak referensi dan menyusunnya kembali. Karena sebenarnya hal tersebut amat sangat melelahkan *pengalaman pribadi* Apalagi dibuku Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia, si pemulis Eka Nada Shofa Alkhajar, menyertakan daftar referensi yang dikutipnya. Covernya juga manis. Seperti cover majalah National Geographic yang terkenal itu. Typonya minimalis jadi nyaman dibaca.






@ Medan
29012014

Waktunya buat menebak siapa Santa rahasia saya.

banner credit : Mbak Peni @ Ketimbun Buku
Seperti yang pernah saya bilang, Santa tidak memberikan riddle apapun kepada saya. Saya diharuskan menebak-nebak apa pesan tersembunyi Santa dalam keseluruhan paketnya. Jadi yang bisa ditebak adalah :
  • Alamat pengirim. Meski alamatnya tertulis lengkap, tapi saya tidak percaya lagi pada nama dan alamat yang tercantum di paket. Soalnya tahun lalu, saya tertipu mentah-mentah dengan no telpon yang tertera di paket.
  • Melihat dari ketiga buku yang saya dapatkan, ada kesamaan dari ketiganya yaitu warna covernya. Sudah lihat kan? Warna kuning mendominasi ketiga buku (Manusia-manusia Paling Misterius di Indonesia + Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia + The Casual Vacancy).

Jadi saya memutuskan untuk mencari siapa saja pemilik blog yang berwarna kuning, tapi.. gak ketemu juga sih. Gak ada yang mendominasi gitu kuningnya. Jadi saya memutuskan siapa sih kira-kira peserta BBI yang identik dengan kuning setidaknya dari sisi pribadi seperti pekerjaannya. Dan pilihan saya jatuh pada…..
 Iya Mbak Trully. Pokoknya tebakan saya ke beliau deh. Kalau ternyata salah, please… Santaku jangan marah dan bikin pengakuannya secara terbuka dong ya… jangan diem-diem aja.

9 komentar:

  1. Tahun lalu kayaknya kamu jadi santa-nya mbak Truly bukan? Kebalik ya sekarang...

    BalasHapus
  2. Wah, lucu ya..
    It's rhyme..
    Manusia-manusia misterius.. Siapa santa? *eh

    BalasHapus
  3. Eh? Putri bukannya santanya Teh In tahun lalu? *lupa*

    Btw aku percaya dan enggak sih sama ramalan satria piningit. Tapi kok ya kebetulan aja ada yg cocok ya :))

    BalasHapus
  4. Setelah 2 X ikut SC dan melakukan hal2 ajaib tahun ini ceritanya mau mengikuti dengan baik dan benar. Sayangnya..... berulang lagi. Setelah soal dibuat ealahhhh ketinggalan di kamar. Akhirnya bikin petunjuk darurat. Seret orang kantor, suruh bikin alamatnya, maka petunjuknya adalah siapa yg ngantor dekat daerah itu

    Ngak nyadar soal urusan warna kuning *jedotan kepala* tahu gitu itu aja yah soalnya.

    Buku2 itu berjodoh kali yahhh
    Saat buka wish list langsung ngakak. Dua buku pertama masih ada di stok hadiah dari Mas Yudhi. Buku JKR karena iseng nitip ke salah satu member BBI saat diskon. Ya sudahlah sekali2 berbaik hati mengirim ketiga buku itu

    He he he buku itu berjodoh kali yah

    BalasHapus
  5. Kayaknya tahun depan harus minta panita buat menjauhjan kita sis.
    Habis sudah 2 X kita berurusan he he he

    Eh kl ada 2 posting sebelumnya pilih salah satu aja deh. *efek internet suka tulalit*

    BalasHapus
  6. loh iyakah? samaan donk sama Mba desty? :p

    BalasHapus
  7. ya ampun, santa yg terbalik lagi? *salaman sama Uthie*

    BalasHapus
  8. Aaakkk.... Akhirnya tebakanku benar. Makasih mbak Trully yang udah mau mengaku :)

    BalasHapus
  9. hahahahah santa yang terbalik, SS2013 beneran deh banyak banget serita kocak dan sedihnya :D

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...