Jumat, 17 Januari 2014

Liebster Blog Award 2014

Sebenarnya sudah lama saya mendapat mention dari Alvina, Erta, Lilis, dan Mbak Yuska untuk ikutan dalam Liebster Blog Award ini. Tapi maaf, saya baru bisa menyelesaikannya sekarang. 

Baiklah.. kita mulai menjawab semua pertanyaan dari mereka semua. Yang pertama tentu saya harus menuliskan 10 random facts tentang saya :

10 Random Facts About Me :
  1. kenal "tradisi" menimbun buku sejak bergabung dengan BBI. Biasanya saya membeli buku secukupnya saja dan langsung dibaca. Beli buku lagi ketika stok bacaan memang sudah tidak ada lagi.
  2. suka banget dengan binatang racoonn.
  3. sering banget digigit nyamuk, makanya saya menghindari banget beraktivitas diluar ruangan.
  4. suka ngemil makanya endut ^^
  5. di setiap MP3 player yang saya punya baik itu HP atau yang lainnya selalu ada lagu "This I Promise You" dari N'SYNC #putriangkatantua
  6. sering dibilang sombong padahal saya itu termasuk orang yang agak sulit memulai percakapan dengan orang lain.
  7. tergila-gila dengan Tigger The Pooh karena Tigger itu pecicilan kayak ulat nangka, gak bisa diem.
  8. sering banget reread buku-bukunay J.D. Robb, biasanya dilakukan menjelang tidur.
  9. suka membuat status galau seperti kangen seseorang, dll di Blackberry Messenger karena teman-teman di BBM banyak yang kepo dengan kehidupan pribadi saya ^^
  10. setiap mau tidur pasti baca buku walau hanya selembar kalau ceritanya seru biasanya keterusan sampai selesai bukunya :|
10 Pertanyaan dari Alvina"Mari Ngomongin Buku" :

1. Buku apa yang paling terakhir kamu baca?
Divided In Death - Terpisah Dalam Kematian (In Death #18) - J.D. Robb

2. Kamu termasuk orang yang menonton film baru membaca buku, atau sebaliknya?
Baca buku dulu baru menonton filmnya, tapi terkadang yang terjadi justru kebalikannya. Film itu membatasi imajinasisehingga ketika membaca bukunya kita langsung teringat pada filmnya, minimal pada para pemainnya dan setting. Saya nggak bisa lagi membaca Harry Potter tanpa membayangkan Daniel Redcliffe sebagai Harry Potter, begitu juga dengan peran-peran lain dan film-film lain yang diadaptasi dari buku.

3. Pernah ngga berpergian atau liburan tanpa membawa buku? Ke mana?
Enggak pernah. Biasanya selalu ada 1 buku dalam tas saya setiap saya melakukan perjalanan jauh. Walaupun saat ini sudah ada ebook tapi tetap saja buku harus dibawa.

4. Lebih memilih membawa ponsel atau buku cetak kalau beranjak ke kasur?
Buku cetak.  Karena saya terbiasa membaca buku sebelum tidur. Itu merupakan ritual jelang tidur saya.

5. Ingin punya hosting blog pribadi nggak, yang berbayar alih alih gratisan?
Pengen punya sih domain sendiri. Tapi sampai sekarang belum mengerti langkah-langkahnya.

6. Suka membaca buku sambil makan atau minum? Biasanya nyemil apa?
Saya nggak suka ngemil sambil baca. Takut bukunya ketumpahan makanan atau minuman. Biasanya kalau makan ya makan, kalau baca ya baca aja.

7. Buku apa yang termahal yang pernah kamu beli?
Buku untuk keperluan kuliah. Atlas Anatomi Sobotta 1 & 2. Harganya (dulu) sekitar 900 ribuan. Hardcover dengan halaman glossy kayak majalah dan full gambar sih makanya mahal ._.

8. Dalam setahun terakhir ini buku apa yang paling berkesan yang kamu baca?
Perfume - Patrick Suskind. Buku thriller ini sudah lama banget nangkring di rak buku saya. Tapi saya sendiri nggak punya keberanian buat membacanya. Sewaktu ada event Baca Bareng BBI dengan tema buku thriller langsung dah saya nyamber buku ini supaya terbaca. Eh, waktu dibaca nggak nyangka saya berhasil menyelesaikannya dalam waktu 1 hari.

9. Mengapa kamu membuat blog buku?
Untuk membuat rekam jejak atas buku-buku yang sudah saya baca.  Sehingga sejak tahun lalu saya bertekad untuk mereview semua buku yang saya baca. Oh... juga karena bosan sewaktu saya berada di daerah penugasan.

10. Kamu punya blog pribadi selain blog buku, kah? isinya ttg apa?
Punya dong... Isinya tentang curhatan gak jelas saya. Tapi sekarang udah gak pernah update lagi ._. Pengen baca? ada linknya di halaman "about me"

10 Pertanyaan dari  Ertalin "Fiction And Me" :

1. Lebih suka penulis lokal atau penulis luar negeri? Mengapa?
Saya nggak fanatik pada penulis lokal atau luar negeri. Sepanjang buku mereka memang bagus dan saya suka membacanya. Tapi memang selama ini saya lebih banyak membaca buku terjemahan dari penulis luar negeri.

2        2. Adakah buku/novel yang berkesan yang dibaca di tahun 2013?
Perfume - Patrick Suskind. Buku thriller ini sudah lama banget nangkring di rak buku saya. Tapi saya sendiri nggak punya keberanian buat membacanya. Sewaktu ada event Baca Bareng BBI dengan tema buku thriller langsung dah saya nyamber buku ini supaya terbaca. Eh, waktu dibaca nggak nyangka saya berhasil menyelesaikannya dalam waktu 1 hari.
      3. Lebih senang dengan gaya penulisan yang bagaimana?
      Dengan sudut pandang pertama. Khususnya dari tokoh utama cewek dan cowok sekaligus dalam satu buku. Enak aja sih dengan gaya yang seperti itu karena kita lebih mengerti pemikiran tokoh-tokohnya.
4
           4. Siapa tokoh favorit kamu dalam sebuah cerita?
5   Ada banyak. Tapi yang paling favorit sih Roarke #teteptimRoarke

           5. Belanja online atau langsung ke toko buku?
6   Toko buku karena bukunya bisa dipilih-pilih dan sebaik dibeli bisa langsung dibawa pulang.

           6. Suka menimbun dulu atau belinya pas lagi kepingin baca?
7   Dulu sih beli pas kepingin baca, tapi sekarang ditimbun dulu ._.

           7. Apakah ada target membaca dalam sebulan?
8   Gak pernah ada. Biasanya sih ngalir gitu aja. Kapan ada waktu baca ya baca. Gak pake target. Kecuali target tahunan dari Goodreads.

            8. Buku/novel apa yang menurut kamu oke untuk difilmkan?
9    Uuummm... Apa ya??? Pushing The Limits - Katie McGarry kayaknya keren kalau difilmkan.
   
      9. Jika berkesempatan,siapakah penulis yang ingin kamu temui?
  Nora Roberts, Linda Howard, dan Sandra Brown. Penulis-penulis romance favorit saya.

10.  Saat membeli buku/novel, yang dilihat sinopsis atau cover?
Sinopsis dong. Tapi kalau covernya jelek, agak setengah hati juga belinya.

10 Pertanyaan dari Lilis "Rak Buku Lilis" :

1. Lebih suka film yang diadaptasi dari buku atau bukunya sendiri?
Bukunya sendiri. Membaca itu meluaskan imajinasi pembaca sementara film mempersempitnya.
2. Waktu dan posisi baca Favorit?
Tiduran ketika jelang tidur malam.

3. Buku berseri atau tidak?
Berseri karena biasanya buku berseri itu lebih seru  dan selalu sukses bikin penasaran trus ada sensasi tersendiri sewaktu menunggu lanjutan serinya terbit.

4. Buku favorit sepanjang masa dan penulis favorit?
In Death Series dari J.D. Robb dan Malory Towers Series dari Enid Blyton.

5. Audio book atau e-book?
Ebook karena saya belum pernah mendengar audio book.

6. Buku yang sudah lama ditimbunan, tidak pernah tersentuh dan mengapa belum membacanya?
 The Host - Stephenie Meyer karena setelah dibeli saya langsung menjalani penempatan ke Maluku Utara dan buku itu tebel banget jadi nggak mungkin dibawa kesana.

7. Pernah berharap menjadi tokoh/karakter dibuku? Jika ada, siapakah tokoh/karakter tersebut?
Enggak. Karena setiap tokoh punya sisi buruk dan baiknya. Sementara biasanya sebagai pembaca kita hanya ingin sisi baik si tokoh saja.

8. Tokoh Antagonis yang paling memorable?
Severus Snape dari Harry Potter series - J.K. Rowling. Siapa yang bisa menduga kalau tokoh yang nyebelin itu ternyata punya kebaikan hati yang gak disangka-sangka.

9. Amore atau buku dari seleb tweet?
Amore aja deh ^^

10. K-lit atau Chick Lit?
Berhubung saya belum pernah baca K-lit jadi saya memilih Chicklit saja..

10 Pertanyaan dari Mbak Yuska "Lust And Coffee" :

1. Kapan pertama kali sadar kalau kamu penggila buku/maniak baca?
Sejak SD. Kenangan yang paling saya ingat dari masa SD adalah perpustakaan sekolah yang keren abis itu.

2. Pernah berantem dengan teman/saudara/pasangan/ortu gara-gara buku? Bisa ceritakan sedikit? :p
Berantem sih gak pernah. Cuma ortu sebel aja ngeliat timbunan buku saya yang makin banyak. Dan sempat mengultimatum nggak boleh beli lemari buku lagi kecuali entar sudah punya rumah sendiri.

3. Blogger buku favoritmu siapa? Sertakan juga link blognya ya ^^
Mbak Destinugrainy http://destybacabuku.wordpress.com saya sering jadi silent reader di blognya. Kecepatan baca dan review Mbak Desty itu keren banget. Apalagi genre bacaannya juga romance, seperti saya juga.

4. Kapan pertama kali ngeblog buku? Sebutkan postingan yang paling berkesan (kalau nggak keberatan, sertakan linknya ya ^^)
Pertama kali ngeblog pada 23 Desember 2011 dan postingan paling berkesan itu review Dear You - Moammar Emka karena sampai sekarang views tertinggi di blog ini berasal dari review itu.

5. Buku paling keren yang pernah kamu baca.
Harry Potter series - J.K. Rowling. Setiap seri buku tersebut sama memikatnya dan setap dibaca ulang selalu saja sama sensasinya. Sayang hingga sekarang saya belum punya bukunya >_<

6. Buku paling nggak keren yang pernah kamu baca.
3 Juta Rupiah Keliling Qatar. Penulisnya lupa. Saya cuma pernah baca 1 halaman saja. Sebenarnya belinya pun atas permintaan nyokap. Sebaik halaman pertama dibaca, nyokap langsung meletakkan buku itu ke meja dan gak pernah dilanjutkan, sekarang buku itu hilang. Mungkin keselip di gudang.

Alasan nyokap gak pernah mau ngelanjutin buku itu "si penulis ke Qatar lewat jaminan kakaknya yang ada di Qatar. Kalau gitu semua orang juga bisa ke Qatar dan nulis buku. Sebagai pembaca kita kan butuhnya cara dia ke mengurus visa ke Qatar tanpa ada jaminan dari orang yang lebih dulu tinggal di Qatar." Mendengar alasan nyokap, saya pun tak berminta membacanya lebih lanjut.

7. Apa saja faktor penting yang membuatmu memutuskan untuk membeli sebuah buku?
Sinopsis / jalan cerita. Saya tidak fanatik pada penulis tertentu sehingga setiap bukunya terbit harus dibeli. Kalau memang saya tidak suka ya meski dia penulis favorit saya buku itu tidak saya beli. Autobuy saya hingga saat ini cuma J.D. Robb itu pun karena saya mengikuti serial In Death.

8. Sebutkan tokoh fiksi favorit sepanjang masa.
Ada banyak. Bingung mau milihnya ._.

9. Sebutkan pasangan fiksi yang menurutmu paling romantis.
Eve Dallas dan Roarke di In Death Series - J.D. Robb. Alasannya? Baca deh bukunya sendiri, pasti bakal tahu kenapa saya memfavoritkan mereka berdua.

10. Toko buku favoritmu.
Gramedia Medan Mall karena dekat dari rumah saya meski toko buku itu tidak pernah ada diskon >_<

Oke.. Selesai. Saya tidak melemparkan 10 pertanyaan lain yah. Cukup berakhir disini saya. Makasih buat Vina, Erta, Lilis dan Mbak Yuska buat mentionnya ^^

Update 22/01/2014 :

10 Pertanyaan dari Ratih "The Bookly Purle" :

1. Sejak kapan kamu suka membaca buku?
Sejak SD. Kenangan yang paling saya ingat dari masa SD adalah perpustakaan sekolah yang keren abis itu.

2. Kenapa kamu suka membaca buku?
Seperti yang pernah saya bilang, membaca itu meluaskan imajinasi.
 
3. Pernah nggak kamu merasa menyukai penulis tertentu lalu kemudian kamu merasa tidak menyukai penulis itu lagi? Kenapa?
Pernah banget. Andrei Aksana salah satunya. Jaman kuliah saya tuh suka banget baca buku-bukunya. Belakangan ini saya merasa kok ya buku-bukunya punya cerita yang sinetron banget.

4. Sebagai lanjutan pertanyaan di atas, pernah nggak kamu sangat menyukai sebuah buku, tapi kemudian kamu merasa tidak menyukai buku itu lagi? Kenapa?
Enggak pernah sih. Karena saya kalau memang tidak suka membaca suatu buku ya biasanya gak pernah dibaca ulang lagi :|

5. Apa kendala terbesarmu dalam membaca buku?
Klasik sih. Waktu dan gadget. 

6. Apa kendala terbesarmu dalam meresensi buku?
Yang ini juga klasik sih. Malesssss :p *lalu dikeluarkan dari anggota BBI*

7. Apa alasan kamu bergabung dengan BBI?
Awal saya bergabung dengan BBI sih sebenarnya saya ditemukan oleh salahsatu anggota BBI. Tapi yang saya rasakan sejak gabung di BBI adalah saya punya banyak teman dengan satu hobi yang tidak dipandang sebagai hal aneh dan menghabiskan biaya. 

8. Buku apa di wishlist kamu yang sampai saat ini masih belum kamu dapatkan/baca?
Uummmm.... ada banyak sih sebenarnya. Tapi yang paling saya inginkan adalah : Kepulauan Rempah : Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950 karya M. Adnan Amal. Susah banget nyarinya. Ratih mau beliin? ;)

9. Jenis buku apa yang paling tidak mau kamu baca?
Horror. Karena saya ini orangnya penakut :(

10. Apa cita-citamu berkenaan dengan buku dan membaca?
Apa ya? Gimana kalau punya perpustakaan pribadi disebuah ruangan yang didesain khusus untuk perpustakaan. Dan juga punya kafe buku gitu deh.



@ Medan
17012014

2 komentar:

  1. ahagahag. Tigger, sama kayak si O X)) Tapi ulat nangka kaya apa ya? *brb browsing

    BalasHapus
  2. eh, penggemar NSync??? *tossss*

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...