Minggu, 29 Desember 2013

Book Kaleidoscope 2013 – Day 3: Top Five Best Book Covers


Saya mengalami sedikit kesulitan dalam memilih 5 cover terbaik yang saya baca sepanjang tahun 2013 ini. Dan... ini dia daftar kelima cover terbaik pilihan saya :



Gradasi warna biru muda, ungu, hingga biru tua ditambah dengan lampion bulan dan bintang yang digantung oleh tali-temali langsung menarik perhatian saya di toko buku (meski kemudian saya melupakan buku ini hingga bertahun kemudian).



Saya suka buku dengan cover yang menunjukkan isi buku dengan tepat. Haunting Jasmine ini salah satunya. Wanita dengan sari ungu ditambah dengan sedikit ukiran ala India *apa pula ini* tepat menunjukkan jika buku ini bercerita tentang seorang perempuan muda keturunan India.



Seorang remaja cewek yang berada diatas panggung seolah sedang melakukan suatu show lengkap dengan mikrofon serta lampu panggung yang menyorotnya dengan begitu terang sesuai dengan isi buku yang bercerita tentang perjuangan seorang cewek di sebuah sekolah seni. Sayang, cover terjemahannya tak begitu menarik dipandang mata --"



Cover buku ini simpel banget. Tapi eye catching. Cuma butuh tiga warna untuk membentuk cover keren ini. Biru muda, putih dan hitam. Fonts yang digunakan juga keren. Seperti tulisan dengan kapur tulis. Edensor dari Jodi Picoult dan keterangan siapa John Green juga diletakkan dengan proporsi yang tepat sehingga tidak menganggu pandangan yang melihat buku ini. Pandangan pasti langsung tertuju pada judul dan nama besar si penulis. Sayang dan sungguh sayang, cover versi terjemahan bahasa Indonesia cukup hancur-hancuran --"



Sosok tengkorak dan stetoskop yang tergantung di lehernya itu sudah cukup mengatakan jika buku ini tentang dunia kedokteran. Tapi kacamata dan pita pink yang tersemat ditubuh terngkorak itu juga menegaskan sisi humor buku ini. Saya menempatkannya dalam urutan pertama cover terbaik karena masker hijau yang dipakai si tengkorak itu bisa dibuka dan gambar dibaliknya menunjukkan cengiran si tengkorak. Unik pastinya.


Yup... itu dia lima buku dengan cover terbaik pilihan saya. Kalau kamu apa? Main ke blognya mbak Fanda ya biar bisa melihat best book covers versi teman-teman yang lain.





@ Medan
28122013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...