Selasa, 31 Desember 2013

Book Kaleidoscope 2013 - Day 5 : Top Five Most Favorite Books

Hai... Hari terakhir book kaleidoscope 2013 nih. Tentunya yang terakhir pastinya bicara tentang buku favorite disepanjang tahun 2013. Yuk intip apa saja buku favorit saya di tahun 2013: (disusun berdasarkan abjad)



Alesannya cuma 1. Urusan sentimentil!!! Karena buku ini mengambil cerita di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara sehingga didalamnya terdapat selipan-selipan percakapan dalam bahasa khas Indonesia Timur. Jadi kalau mendadak kangen saya kumat, maka buku ini menjadi pelarian saya. Yah, setidak-tidaknya ceritanya mengambil tempat sama-sama di pulau Halmahera meski saya tidak berada di Halmahera Selatan. 

Best moment : waktu anak-anak bertanya pada guru mereka (Bayu Adi Persada) tentang siapa guru pengganti Bayu dan Bayu menjawab jika guru baru mereka "pasti lebih baik dan lebih cantik." Jawaban anak-anak dalam bahasa khas mereka selalu sukses memancing senyum saya meski sebenarnya hal tersebut tidak terlalu menggelikan.



Meski membaca yang versi terbitan Qanita tapi saya gak bersedia menampilkan cover bukunya. Hancur banget --" Apa yang menarik dari buku ini? Tentu masalah ketragisan yang mampu diramu John Green dengan baik. Bagaimana dua orang remaja pengidap kanker dengan tegarnya menghadapi hidup dan memandang kanker yang mereka idap sebagai hal yang alami, sealami bernafas. Kisah cintanya? Kisah cinta remaja dengan tingkat kedewasaan berfikir yang jauh lebih matang dari umur mereka. 

Best moment : ketika Hazel membacakan euloginya saat latihan pemakaman August yang tentu saja merupakan inisiatif August sendiri.



Cerita cinta bad boy - good girl biasanya sukses menarik perhatian. Bedanya dibuku ini, Simone Elkeles menciptakan karakter yang kokoh dengan permasalahan masing-masing. Dialog-diaognya segar dan sukses bikin ngakak. Meski ini buku dikategorikan sebagai buku YA tapi nuansa sensualitas cukup terasa dibuku ini. Lihat saja sampulnya.

Best moment : ketika Alex mencuri kunci mobil Brittany lantas membawa Britt jalan-jalan dan mengajarinya menyetir mobil yang benar. Setelah selesai, gantian Britt yang mencuri dan melemparkan kunci sepeda motor Alex ke semak-semak.



Buku ini punya segala macam kelebihan untuk dijadikan buku favorit. Latar cerita yang mengambil permasalahan trauma remaja. Karakter tokoh-tokohnya yang dibangun dengan pelan-pelan. Perubahan yang dialami masing-masing tokoh dari pengingkaran atas kejadian yang mereka alami hingga dapat menerima kejadian yang mereka alami dibangun secara berjenjang dengan menyelipkan pesan moral didalamnya.

Best moment : ketika Tyler di depan para pendengar berbicara tentang Noah yang dipandangnya sebagai superhero yang jauh lebih hebat daripada Batman.



Saya memilih buku ini sebagai salah satu yang terbaik yang pernah saya baca ditahun ini karena buku ini berbicara tentang cita-cita, mimpi masa depan dan tekad untuk mewujudkannya. Keempat tokoh masing-masing mempunyai cara untuk mendapatkan impian mereka, entah itu dengan jalan yang sulit atau dengan jalan instant. Bagi saya buku ini cukup bagus dibaca untuk remaja yang biasanya suka galau dengan pilihan cita-cita masa depan mereka.

Best moment : sewaktu anggota Teenage Kicks bertanya pada Emme tentang waktu luangnya dihari Rabu dan Emme menjawab jika dia sudah punya rencana dan mereka semua ngotot ingin mengetahui apa rencana Emme.

Itu dia kelima buku favorit pilihan saya tahun ini. Didominasi dengan YA karena memang tahun ini saya lumayan banyak membaca buku YA. Sekaligus ingin "menyaring" buku YA yang memang layak dibaca para remaja. Karena beberapa buku YA memandang hidup dengan begitu gampangnya, sementara yang lain memandang permasalahan khas remaja yang sebenarnya ringan sebagai hal yang berat. 

Dan.. book kaleidoscope 2013 pun selesai. Tapi jangan lupa membaca 4 book kaleidoscope saya yang lain ya :






@ Medan
31122013

1 komentar:

  1. aku suka Take A Bow! tapi bacanya udah tahun lalu, suka covernya :)

    BalasHapus

Kamu datang. Kamu baca. Kamu komentar. Iya kan? :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...